Iklan
Iklan

Presiden Chad Gugur Ketika Lawan Pemberontak

- Advertisement -
Presiden Chad Idriss Deby meninggal karena luka yang dideritanya di garis depan di utara negara, ketika dia pergi mengunjungi tentara yang memerangi pemberontak, kata angkatan bersenjata.

Deby, 68, “baru saja menghembuskan nafas terakhir membela negara yang berdaulat di medan perang” selama akhir pekan, juru bicara militer Jenderal Azem Bermandoa Agouna mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah pada hari Selasa, sehari setelah Deby dinyatakan sebagai pemenang pemilu Presiden.

Keadaan pasti kematian Deby tidak jelas. Militer mengatakan presiden telah memimpin tentaranya pada akhir pekan saat memerangi pemberontak yang melancarkan serangan besar-besaran ke utara negara itu pada hari pemilihan pada 11 April.

Agouna juga mengatakan dewan militer yang dipimpin oleh putra mendiang presiden yang berusia 37 tahun, Jenderal Mahamat Idriss Deby bintang empat, akan menggantikannya. Jam malam telah diberlakukan dan perbatasan negara telah ditutup setelah kematian presiden.

presiden chad

Hiba Morgan dari Al Jazeera, melaporkan dari ibu kota, N’Djamena, mengatakan pembentukan dewan militer tidak ada dalam konstitusi Chad.

“Apa yang dikatakan konstitusi adalah bahwa dengan absennya presiden atau jika dia meninggal, maka ketua parlemen bertanggung jawab atas negara selama 40 hari dan transisi diberlakukan sampai pemilihan diadakan,” katanya.

“[Tetapi] militer mengumumkan bahwa dewan legislatif telah dibubarkan dan bahwa konstitusi juga telah dibubarkan, jadi yang mereka lakukan adalah mengganti konstitusi dengan perangkat aturan mereka sendiri.”

Pihak Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan telah mencatat pembentukan badan militer sementara, mendesak segera kembali ke pemerintahan sipil dan transisi damai.

presiden chad

Prancis kehilangan seorang teman pemberani, kata pihak Macron. “Ini mengungkapkan keterikatan yang kuat pada stabilitas dan integritas teritorial Chad.”

Pengumuman mengejutkan itu datang sehari setelah Deby, yang berkuasa dalam pemberontakan pada tahun 1990, memenangkan masa jabatan keenam. Hasil sementara yang dirilis pada hari Senin menunjukkan bahwa Deby memenangkan 79,3 persen suara.

Deby menunda pidato kemenangannya kepada para pendukung dan malah pergi mengunjungi tentara Chad yang memerangi pemberontak, menurut manajer kampanyenya.

Kelompok pemberontak Front for Change and Concord in Chad (FACT), yang berbasis di perbatasan utara dengan Libya, menyerang sebuah pos perbatasan di provinsi Tibesti dan Kanem pada hari pemilihan dan kemudian maju ratusan kilometer ke selatan.

presiden chad

Tapi itu mengalami kemunduran selama akhir pekan.

Agouna mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pasukan militer membunuh lebih dari 300 pejuang dan menangkap 150 pada hari Sabtu di provinsi Kanem, sekitar 300 km dari N’Djamena. Lima tentara pemerintah tewas dan 36 luka-luka, katanya.

FACT mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa mereka telah “membebaskan” wilayah Kanem. Klaim semacam itu di zona pertempuran gurun terpencil sulit untuk diverifikasi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA