Iklan
Iklan

Presiden FIFA Sebut Negara Barat ‘Munafik’ Kritik Qatar Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

- Advertisement -
Presiden FIFA Gianni Infantino sebut negara-negara Barat “munafik” dengan mengatakan bahwa negara Barat tidak tepat untuk memberikan “pelajaran moral” kepada negara lain. Hal itu disampaikan Infantino beberapa jam sebelum Piala Dunia dimulai di Qatar.

Dalam konferensi pers di ibu kota Qatar menjelang turnamen, Presiden FIFA mengatakan seharusnya Eropa menyadari kejahatan masa lalunya sebelum menuding Qatar.

“Saya orang Eropa. Atas apa yang kami orang Eropa telah lakukan di seluruh dunia dalam 3.000 tahun terakhir, kami harus meminta maaf untuk 3.000 tahun ke depan sebelum mulai memberikan pelajaran moral kepada orang-orang,” ujar Infantino kepada ratusan wartawan, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (19/11/2022)

Qatar, yang telah diberikan hak untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola global pada 2010, telah menerima kritik atas perlakuannya terhadap pekerja migran dan catatan hak asasi manusia.

Infantino, yang merupakan putra pekerja migran asal Italia, mengatakan negara Timur Tengah itu telah “membuat kemajuan” dalam meningkatkan hak-hak pekerja migran.

“Saya datang ke sini enam tahun lalu dan langsung membahas masalah pekerja migran, dalam pertemuan pertama saya,” ujar Infantino.

“Berapa banyak dari perusahaan bisnis Eropa atau Barat ini, yang memperoleh jutaan dan jutaan dari Qatar dan negara-negara lain di kawasan ini – miliaran setiap tahun – berapa banyak dari mereka yang menangani hak-hak pekerja migran dengan pihak berwenang?

“Aku punya jawaban untukmu. Tak satu pun dari mereka,” kata Presiden FIFA itu, dia juga menambahkan “pelajaran moral sepihak hanyalah kemunafikan.”

Homoseksualitas adalah ilegal di negara Qatar, namun Qatar mengatakan semua penggemar diizinkan untuk menghadiri setiap pertandingan.

“Saya telah berbicara tentang topik ini dengan pimpinan tertinggi negara. Beberapa kali, tidak hanya sekali. Mereka telah mengonfirmasi, saya dapat mengonfirmasi, bahwa semua orang diterima,” ujar presiden FIFA itu.

Dalam sambutannya kepada wartawan di akhir konferensi pers, kepala media FIFA Bryan Swanson, seorang gay, menegaskan semua orang diterima di Qatar.

“Saya telah melihat banyak kritik terhadap Gianni Infantino sejak saya bergabung dengan FIFA, khususnya dari komunitas LGBT,” kata Swanson.

“Saya duduk di sini dalam posisi istimewa di panggung global sebagai pria gay di Qatar. Kami telah menerima jaminan bahwa semua orang diterima dan saya yakin semua orang akan diterima di Piala Dunia ini,” tambahnya.

Para kritikus juga mempertanyakan Qatar, negara pertama di dunia Arab yang menjadi tuan rumah kompetisi tersebut, karena melarang penjualan alkohol di dalam stadion selama turnamen berlangsung.

“Setiap keputusan yang diambil di Piala Dunia ini, merupakan keputusan bersama antara Qatar dan FIFA. Setiap keputusan didiskusikan, diperdebatkan dan diambil bersama. Akan ada, saya tidak tahu berapa banyak, zona penggemar – delapan, 10, zona penggemar besar, lebih dari 200 tempat di mana Anda dapat membeli alkohol,” kata Infantino.

Dia juga menunjukkan bahwa ini tidak biasa karena minum di dalam stadion sepak bola dilarang di negara-negara besar Eropa seperti Prancis, Spanyol, Portugal, dan Skotlandia.

Meskipun beberapa kritik menyerukan agar perusahaan memboikot Piala Dunia, Infantino memuji “kesuksesan komersial” turnamen tahun ini.

“Kami menjual hak media sekitar $200 juta lebih mahal dari Piala Dunia terakhir,” katanya. “Kami menjual hak sponsor juga sekitar $200 juta lebih dari Piala Dunia lalu.

“Dan sejauh menyangkut hak tiket dan keramahtamahan, kami hampir 200 hingga 300 juta lebih banyak dari Piala Dunia terakhir.”

Qatar akan memulai turnamen 32 tim pada hari Minggu melawan Ekuador. Infantino mengatakan negara Teluk telah melakukan pekerjaan yang mengesankan dalam mempersiapkan pertandingan.

“Doha sudah siap. Qatar sudah siap. Ini akan menjadi Piala Dunia terbaik yang pernah ada, tentu saja,” ujarnya.

Source: Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA