Iklan
Iklan

Puasa Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah, Benarkah?

- Advertisement -
Puasa Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah, Benarkah?

Sebagai ibadah wajib umat Islam, puasa Ramadan memiliki banyak manfaat. Salah satunya manfaat untuk kesehatan tubuh. Puasa bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini terjadi karena berkurangnya asupan makanan pemicu kolesterol selama puasa.

Saat berpuasa, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama. Selain sebagai salah satu ibadah wajib, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Apa yang menjadi alasan puasa bisa menurunkan kolesterol?

Seperti dikatakan sebelumnya, puasa artinya menahan lapar dan harus mulai dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Selama waktu tersebut, tubuh akan mendapatkan lebih sedikit makanan dan minuman dari biasanya, termasuk makanan yang digoreng. Itulah salah satu alasan mengapa puasa bisa membantu mengontrol kolesterol dalam darah.

Puasa Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman akan membuat perubahan pada tubuh. Pada kondisi normal, tubuh mendapatkan energi dari gula hasil proses metabolisme. Saat puasa, ada kemungkinan simpanan gula tidak cukup, sehingga tubuh akan membakar jaringan lemak untuk diolah menjadi sumber energi. Perubahan inilah yang diduga berkaitan dengan manfaat sehat puasa.

Salah satu manfaat kesehatan puasa adalah menjaga kesehatan organ jantung. Hal ini berkaitan dengan kadar kolesterol yang lebih terkontrol selama seseorang berpuasa, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi alias hipertensi. Alasannya, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan kolesterol dan kalori berlebihan.

Selain itu, puasa juga disebut bisa membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Tentu saja, hal ini akan berdampak juga pada kesehatan dan organ tubuh, salah satunya jantung. Saat berpuasa, terjadi juga penurunan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika dilakukan dengan cara yang benar, tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Selain membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menjalani puasa ternyata bisa memberi manfaat sehat lainnya, seperti mencegah obesitas. Bukan hanya karena menahan lapar, faktanya puasa memang bisa menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal. Puasa bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sehingga mempercepat pembakaran kalori dan lemak.

Hal inilah yang bisa membuat berat badan menurun dan mencegah obesitas. Namun ingat, hal ini hanya bisa tercapai jika kamu tidak “kalap” atau berlebihan makan saat berbuka puasa.

Tips Mengatur Kadar Kolesterol

Penurunan kadar kolesterol saat puasa tentu tidak didapat dengan mudah. Sebab, kondisi ini terjadi hanya jika kamu mengatur pola makan yang baik selama berpuasa. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah peningkatakn kadar kolesterol jahat di dalam tubuh :

  • Menjaga porsi makan saat sahur dan berbuka puasa

Batasi konsumsi gorengan saat sahur dan berbuka. Sebab, minyak goreng mengandung zat yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Batasi pola konsumsi makanan berkolestrol tinggi, seperti makanan berlemak, bersantan, dan jeroan.

Perbanyak konsumsi makanan yang bisa mengendalikan kadar kolesterol saat sahur dan berbuka, misalnya ikan, kacang-kacangan, oatmeal, buah dan sayur (seperti bayam, tomat, ubi jalar, dan terong belanda).

Rutin berolahraga saat puasa. Olahraga saat puasa bisa dilakukan saat 1 jam sebelum waktu berbuka atau setelah salat tarawih. Olahraga yang bisa dilakukan diantaranya adalah jalan kaki, bersepeda, dan yoga.

Sumber: Halodoc

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA