Iklan
Iklan

Pura Mangkunegaran Usia ke-266 Gelar Festival Musik dan Kuliner serta Half Marathon

- Advertisement -
Pura Mangkunegaran menghadirkan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta lomba lari Mangkunegaran Run in Solo. Gelaran ini merupakan event peringatan hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran.

Acara hari jadi Pura Mangkunegaran ini membawa kemeriahan untuk masyarakat yang digelar bersama Katadata Indonesia dan Yayasan DNC,

Rangkaian puncak perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran pada Minggu 12 Maret 2023 itu dimeriahkan sejumlah musisi nasional dan aneka sajian makanan legendaris. Festival musik dan kuliner akan digelar di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran. Adapun rute lomba lari dengan kategori 5, 10, dan 21-kilometer (half marathon) akan melintasi sebagian Kota Solo.

Pura Mangkunegaran
Foto: GQ

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkoenagoro X, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran merupakan bentuk pemajuan budaya yang menjangkau masyarakat luas dan dikemas sesuai kondisi masa kini.

“Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan. Laras Hati Mangkunegaran merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menjaga kebudayaan,” ujarnya.

Musik dan kuliner dipilih karena sifatnya yang universal. Pura Mangkunegaran menjadikan kedua hal itu sebagai perangkat komunikasi dan interaksi dengan masyarakat luas. Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran juga dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan penerimaan masyarakat secara luas pada Pura Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran
Foto; GQ

Dengan adanya Festival Laras Hati Mangkunegaran dan Mangkunegaran Run in Solo, masyarakat bisa datang ke Pura Mangkunegaran.

“Harapannya, masyarakat belajar tentang tempat ini dan beraktivitas di Pura Mangkunegaran. Acara ini bukan hanya milik daerah ini, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X.

Direktur Sisit by Katadata yang juga menjadi Ketua Penyelenggara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran serta Mangkunegaran Run in Solo, Marah Andikha, mengatakan rangkaian acara ini bagian penting perayaan hari jadi ke-266.

Pura Mangkunegaran
Foto: GQ

“Acara Laras Hati Mangkunegaran bukanlah konser biasa. Artis yang hadir nanti beragam dan lintas generasi,” ujarnya Marah Andikha’

Sejumlah musisi nasional akan meramaikan festival tersebut, antara lain grup musik RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata. Ada pula grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta, pelantun lagu keroncong Endah Laras, serta penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.

Selain menyaksikan hiburan musik, pengunjung Festival Laras Hati Mangkunegaran juga bisa menikmati beragam kuliner dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Solo. Selain aneka makanan dan minuman legendaris, di festival kuliner itu akan ada pula pembagian paket minuman dan makanan gratis untuk pengunjung.

Vina Panduwinata menyatakan sangat senang dapat tampil di Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran. Penyanyi legendaris Itu sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghibur masyarakat pada Laras Hati Mangkunegaran.

“Acara ini sangat meriah. Ajak teman, keluarga, pacar untuk menikmati pertunjukan musik dan berbagai kuliner di Laras Hati Mangkunegaran,” kata Vina.

“Kemeriahannya amat sayang untuk dilewatkan,akan ada banyak kejutan dan kebahagiaan di festival itu” ujar Brigitta Hardi.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA