Beranda ENTERTAINMENT Refleksi Penerimaan Diri Yura Yunita Lewat “Tutur Batin”

Refleksi Penerimaan Diri Yura Yunita Lewat “Tutur Batin”

Yura Yunita
Foto : Dok.Creathink publicist
Penyanyi Yura Yunita akhirnya merilis album penuh terbaru bertajuk “Tutur Batin” pada 22 Oktober 2021 ini, setelah beberapa single di Album tersebut Telah rilis.

Album Tutur Batin milik Yura Yunita ini merupakan album suara hati dalam proses penerimaan diri secara seutuhnya, dan hal itu terlihat melalui desain cover album yang terlihat apa adanya.

Pada sampul album itu, Yura menunjukkan dirinya yang tanpa riasan, memiliki bintang kecil yaitu jerawat di wajah, dan baginya itu menggambarkan penerimaan diri yang maksimal.

Yura Yunita
Yura Yunita Saat Konferensi Pers Virtual/ Foto: Dok.Creathink publicist

“Tutur batin dalam fase perjalananku sebagai manusia yang melewati pertemuan, kehilangan, penyangkalan, amarah, berandai, depresi, hingga proses healing, menerima semua yang terjadi dan merayakan semua proses kehidupan.”kata Yura Yunita dalam konferensi pers virtual perilisan album “Tutur Batin”, Kamis (21/10/21).

“Sampul album, wajah tanpa riasan, jerawat, inilah aku apa adanya, yang mungkin jarang banyak orang lihat,”tambah Yura Yunita

Yura Yunita Menambahkan, Tutur Batin mengartikan suara hati terdalamnya mengenai dirinya yang tidak lagi mengkompromikan nilai – nilai yang di milikinya sebagai perempuan.

Yura Yunita
Artwork Album Tutur Batin -Yura Yunita / Foto : Dok.Creathink publicist

“Tutur Batin mengartikan suara hati terdalam dan dengan penuh keyakinan bahwa aku tidak akan lagi mengkompromikan nilai-nilai yang kupunya sebagai perempuan. Banyak dari kita yang pernah dianggap tidak cukup, dianggap tidak sempurna, ditutup langkah & kesempatannya.”ujar Yura Yunita.

“Namun semakin jalan kita ditutup, semakin kita sebagai perempuan akan berdiri lebih tegak dan bisa membuat jalan kita sendiri.  Dari banyaknya tantangan yang kulalui aku belajar bahwa mengejar kesempurnaan ngga akan ada habisnya, hingga kita bisa menerima diri kita apa adanya.”tambah Yura Yunita

Yura mengaku dirinya sempat mengalami pengalaman pahit di masa lalu. Meskipun Yura memiliki kemampuan yang luar biasa. ia tetap dianggap kurang menarik secara fisik.

BACA JUGA  Selebgram Heidi Gray Influencer yang Memiliki 3,6 Juta Pengikut
Yura Yunita
Konferensi Pers Virtual Album Tutur Batin – Yura Yunita / Foto : Dok.Creathink publicist

“Dulu beberapa waktu lalu aku pernah dibilang aku gak sempurna, pendek, ga punya look yang material in this industry. Walaupun kemampuanku diterima, tapi tetap saja ada yang bilang im not pretty enough, enggak sesuai standar mereka,” lanjut Yura

Melalui lagu ini, Yura ingin memecah standar kecantikan yang sekaan diciptakan untuk para wanita.

“Di lagu ini aku ingin break the norm, menyampaikan kita gak harus sempurna, dengan apa adanya kita buktiin ke orang lain kita bisa terus berkarya dan punya jalan kita sendiri,” jelasnya.

‘Tutur Batin’ album penuh ketiga Yura Yunita yang berisikan 11 lagu yang mewakili kejujurannya sebagai perempuan. Dalam album ini, ‘Hoolala’, ‘Duhai Sayang’, ‘Tenang’ dan ‘Mulai Langkahmu’ sudah dirilis terlebih dahulu sebagai rilisan lepasan.

Yura Yunita
Yura Yunita / Foto: Dok.Creathink publicist

Walaupun lagu-lagu yang ada di dalam album ini ditulis dari sudut pandang seorang perempuan, rasa ataupun momen yang diwujudkan dalam lagu-lagu ini, tetap terasa relevan untuk semua orang.

Bagaimana rasa seseorang yang menemukan cinta di lagu ‘Dunia Tipu-Tipu, lalu ‘Hobi – Ghosting’ tentang harapan kosong, merasakan kekecewaan di lagu ‘Sudut Memori’ dan ‘Mau Kemana’ dan ‘Andai saja’ sebagai lagu yang mewakili momen pencarian jawaban.

Diibaratkan 5 fase memproses kesedihan, lagu ‘Tutur Batin’ mewakili momen saat diri kita sudah bisa menerima, mengakui kondisi yang terjadi, dan kembali dengan versi diri yang lebih kuat dari sebelumnya. Lagu ini dirasa menjadi lagu yang paling tepat untuk mewakili keseluruhan album dan dijadikan sebagai focus track dalam album ini. Tidak lengkap album Yura Yunita, tanpa lagu yang kental akan nuansa musik Jawa Barat, asal tanah kelahirannya, kali ini, para pendengar Yura Yunita bisa menemukan rasa tersebut di lagu ‘Bandung’.

BACA JUGA  Penyanyi Selvi Kitty Dapat Julukan Body Goals

“Secara keseluruhan, proses penggarapan album ‘Tutur Batin’ menggambarkan proses pendewasaan Yura baik secara konsep, tema, musik dan lirik. Ketika album kedua terdengar personal, maka album ketiga ini makin terasa personal. Tema yang diangkat sangat relate bagi kebanyakan orang dan berani mengungkap hal-hal yang sebelumnya tidak banyak dibicarakan.”jelas Ari Renaldi Produced & Arranged di Album Yura Yunita ini.

Yura Yunita
Foto : Dok.Creathink publicist

“Secara musikal juga banyak bereksperimen dan mencoba hal baru, mulai dari kolaborasi dengan beberapa produser lain sehingga menambah kaya musikalitas album ini. Yura juga selalu menjunjung tinggi akar dari mana ia berasal, sehingga kembali membuat lagu dalam bahasa Sunda yang berjudul ‘Bandung’. Harapan saya, semoga karya Yura ini bisa menyentuh hati para pendengarnya.”kata Ari.

Banyak nama baru maupun yang sudah lekat dengan Yura Yunita mendukung album ‘Tutur Batin’ ini. Ari Renaldi, Iwan Popo adalah 2 produser musik yang sudah sering berada di daftar produksi karya-karya musik Yura Yunita sebelumnya. Baru-baru ini, kolaborasi kuat antara Yura Yunita dan Ari Renaldi di lagu ‘Duhai Sayang’ masuk dalam 2 nominasi di AMI AWARDS 2021. Tidak berpuas diri dengan hal tersebut, Yura Yunita bereksplorasi dengan nama-nama produser musik lainnya seperti Marthin Siahaan, Adhe Ario, Dipha Barus dan JUKÉ Music Works di dalam proses produksi album ini.

Di dalam album ini, Yura Yunita juga bekerjasama dengan orkestra kelas dunia, Budapest Scoring Orchestra, untuk menyempurnakan lagu ‘Mau Kemana’ dan ‘Tutur Batin’. Aransemen string orkestra yang dibuat oleh Ari Renaldi di kedua lagu tersebut, menambahkan unsur kemegahan dalam album ini. Untuk penciptaan lirik, Yura Yunita bersama dengan Donne Maula menulis untuk 7 nomor lagu, sedangkan lagu ‘Duhai Sayang’ ia tulis dengan Muhammad Tulus.

BACA JUGA  Duran Duran Rilis ‘Tonight United’ Kolaborasi Dengan Giorgia Moroder

Lagu- lagu dalam album “Tutur Batin” akan dibawakan dalam pertunjukan virtual di YouTube Yura Yunita untuk semakin memanjakan para penggemarnya yang rindu akan penampilan sang dara muda itu pada 29 Oktober 2021. (EH).

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMaria Vania Unggah Foto Terbaru, Netizen Heboh
Artikel berikutnya2 Pemeran Video Mesum di Kota Medan Diringkus Polisi