Beranda INTERNASIONAL Rusia Usir Diplomat Pro-Navalny

Rusia Usir Diplomat Pro-Navalny

rusia alexei navalny
Rusia telah mengusir tiga diplomat dari Jerman, Swedia dan Polandia karena bergabung dalam protes untuk mendukung aktivis oposisi Alexei Navalny, yang dipenjara awal pekan ini.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan ketiganya ikut serta dalam “demonstrasi ilegal” pada 23 Januari.

Swedia menyebut pengusiran itu “sama sekali tidak berdasar” dan menyangkal diplomatnya telah berpartisipasi dalam demonstrasi apa pun.

Navalny adalah kritikus keras Presiden Vladimir Putin.

rusia alexei navalny

Pengusiran para diplomat diumumkan pada hari Jumat, beberapa jam setelah kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow.

Ratusan ribu orang mengambil bagian dalam protes untuk mendukung Navalny pada tanggal 23 dan 31 Januari. Ribuan peserta ditangkap.

Kementerian luar negeri Jerman mengecam pengusiran itu sebagai “sama sekali tidak dibenarkan” dan mengatakan akan membalas jika Rusia tidak mempertimbangkan kembali.

rusia alexei navalny

Navalny, 44, adalah seorang aktivis politik yang berkampanye melawan korupsi dan Putin sejak 2011.

Agustus lalu dia diracun dan dibawa ke Jerman untuk perawatan. Dia kembali ke rumah pada akhir Januari, meskipun ada peringatan dari pemerintah Rusia bahwa dia akan ditangkap.

Dia kemudian dipenjara selama tiga setengah tahun karena pelanggaran terhadap ketentuan hukuman percobaan karena penipuan pada tahun 2014.

rusia alexei navalny

Navalny menuduh Putin menjalankan pemerintahan yang penuh dengan korupsi.

Tak lama setelah kembali ke Rusia, dia merilis video YouTube yang menampilkan istana Black Sea yang mewah yang, menurut dugaannya, merupakan hadiah seorang miliarder kepada presiden. Lebih dari 100 juta orang telah menonton video tersebut.

Putin telah membantah kepemilikan istana itu. Minggu lalu Arkady Rotenberg, seorang pengusaha miliarder yang dekat dengan Putin, mengatakan dia membeli istana itu dua tahun lalu.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTonton TV Online Streaming Secara Gratis di Sini
Artikel berikutnyaJum’at Peduli. TPOJ Sulsel Bagikan Makanan Dan Masker Ke Pengguna Jalan Di Gowa