Iklan
Iklan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Pertanda Apa?

- Advertisement -
Ada beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan sebagai gejalanya. Salah satunya adalah kondisi serius seperti penyempitan tulang belakang.

Sakit pinggang sebelah kanan adalah salah satu keluhan yang umum terjadi. Umumnya cedera otot akibat salah posisi ketika tidur, bergerak, atau duduk menjadi penyebab utamanya. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya mengalami rasa nyeri hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, kebanyakan sakit pinggang dapat sembuh dengan sendirinya.

Alhasil, banyak orang kerap menyepelekan kondisi ini. Padahal, tidak sepatutnya kamu menyepelekan sakit pinggang sebelah kanan. Meski terkesan ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, sakit pinggang sebelah kanan dapat menjadi indikasi akan sejumlah kondisi kesehatan serius.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Ada beberapa faktor atau penyakit yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan, yaitu:

  1. Penyempitan Tulang Belakang

Sakit pinggang sebelah kanan bisa muncul sebagai tanda penyempitan tulang belakang. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal, tapi umumnya disebabkan oleh radang sendi. Risiko peradangan pada sendi disebut berkaitan dengan pertambahan usia. Biasanya, sakit pinggang sebelah kanan akibat penyempitan tulang belakang akan terasa semakin buruk saat beraktivitas dan mereda saat tubuh diistirahatkan.

  1. Cedera

Cedera juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Kondisi ini biasanya terjadi pada tulang belakang, termasuk bagian bantalan tulang. Saat bagian ini mengalami cedera, biasanya akan terjadi penekanan saraf yang ada di sekitar dan hal itu yang menyebabkan munculnya rasa sakit. Biasanya, nyeri akan semakin terasa saat mengangkat beban berat atau berlebih.

  1. Masalah pada Otot

Otot yang ada pada punggung juga bisa mengalami gangguan. Nah, masalah pada otot tersebut bisa menjadi pemicu munculnya sakit pinggang sebelah kanan. Area ini juga bisa mengalami cedera dan kekakuan otot. Kondisi ini bisa memicu gejala berupa kram pada otot atau kedutan otot. Biasanya, gejala akan muncul secara mendadak atau sulit dikendalikan.

4.Gangguan Ginjal

Gangguan pada ginjal sebelah kanan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami sakit pinggang. Tentu saja, sakit pinggang akan terasa di sebelah kanan. Ada sejumlah gangguan ginjal yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, termasuk batu ginjal atau infeksi ginjal. Lakukan pemeriksaan ginjal untuk mengetahui kondisinya dan segera mendapatkan penanganan.

  1. Masalah Empedu

Selain pada ginjal, masalah kesehatan juga bisa menyerang empedu. Nah, penyakit ini ternyata juga dapat ditandai dengan sakit pinggang sebelah kanan. Empedu merupakan bagian dari organ hati yang memiliki fungsi mencerna lemak dalam tubuh. Organ ini terletak pada perut bagian kanan. Masalah pada empedu bisa memicu rasa sakit yang semakin lama bisa menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan.

Adapun salah satu masalah empedu yang dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang sebelah kanan adalah batu empedu. Kondisi ini umumnya menimbulkan nyeri pinggang kanan yang menjalar hingga ke perut dengan demam dan pusing.

  1. Skiatika

Skiatika, atau ‘linu panggul’, merupakan nyeri saraf akibat cedera atau iritasi pada saraf skiatic, yang berasal dari bokong (gluteal). Saraf skiatik adalah saraf terpanjang dan paling tebal dalam tubuh. Saraf ini membentang melalui panggul, punggung, bokong, hingga ujung kaki.

Adapun kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja yang mengalami iritasi atau tekanan pada saraf tersebut. Jika kamu merasakan nyeri berat yang menjalar sepanjang saraf ini, seperti pada punggung bagian kanan, kamu mungkin saja mengalami skiatika.

Karena itu, pastikan untuk segera memeriksakan kondisimu, jika mengalami gejala tersebut. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak terkait pemeriksaan penyakit ini dengan membaca artikel: Ketahui Tes Pemeriksaan untuk Deteksi Skiatika.

  1. Kehamilan Ektopik

Kondisi selanjutnya yang juga dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan adalah kehamilan ektopik. Adapun kehamilan ektopik merupakan kelainan implantasi dari pembuahan sel telur. Secara normal, sel telur yang telah sperma buahi seharusnya menempel pada dinding rahim.

Namun, pada jenis kehamilan ektopik, hasil pembuahan menempel pada tempat lain selain di dinding rahim. Khusus bagi perempuan, ada kemungkinan sakit pinggang sebelah kanan bisa jadi merupakan tanda terjadinya kehamilan ektopik.

  1. Penyakit Bawaan

Ada beberapa penyakit bawaan yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Salah satunya seperti spina bifida yang penyebabnya adalah gangguan pada pembentukan tabung saraf, selama bayi dalam kandungan.

Apakah Kurang Asupan Cairan juga Dapat Menyebabkan Sakit Pinggang?

Sebagian orang kerap mengeluh merasakan sakit pinggang ketika kurang minum air putih. Sebenarnya anekdot ini ada benarnya. Sebab, kurangnya asupan cairan sehingga memicu dehidrasi dapat membuat material mirip gelatin dalam cakram tulang belakang kekurangan cairan.

Kondisi ini membuat tulang belakang mengalami kesulitan untuk menahan beban tubuh. Akibatnya, cakram akan bergeser dan menekan saraf di sekitarnya hingga memicu nyeri pinggang.

Selain itu, kurangnya asupan cairan juga dapat memicu sakit pinggang akibat masalah ginjal. Sebab, ketika seseorang mengalami dehidrasi, zat limbah akan menumpuk dalam ginjal. Kondisi ini pada akhirnya berisiko mengakibatkan terbentuknya batu ginjal.

Apakah Sakit Pinggang Berbahaya?

Memang benar adanya kebanyakan penyebab sakit pinggang bukanlah penyakit atau masalah kesehatan serius lainnya. Meski begitu, bukan berarti sakit pinggang dapat kamu sepelekan. Terutama jika kondisi ini tak kunjung membaik dalam beberapa hari.

Sebagai upaya perawatan, penting untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, jika sakit pinggang sebelah kanan tak kunjung membaik dalam 1-2 minggu. Terutama jika sakit pinggang sebelah kanan menghambat aktivitas sehari-hari atau menyebabkan gejala lain. Contohnya seperti demam, paha mati rasa, tungkai terasa lemah, hingga pinggang sakit saat batuk atau buang air kecil.

Pemeriksaan kondisi kesehatan tentunya dapat memberikanmu diagnosis yang akurat, sehingga penanganan sedari dini dapat segera dokter lakukan.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Perawatan yang tepat untuk nyeri punggung bawah darurat tergantung pada penyebabnya. Jika sumber nyeri tidak jelas, seseorang mungkin memerlukan satu atau beberapa pemeriksaan berikut untuk menentukan tindakan yang tepat:

  • MRI untuk memeriksa sumsum tulang belakang, akar saraf, dan jaringan lunak lainnya.
  • Sinar-X untuk melihat tulang belakang dan persendian lainnya untuk tanda-tanda patah tulang atau masalah lainnya.
  • Tes darah untuk mendeteksi peradangan pada tubuh.

Jika masalah saraf atau otot adalah penyebab punggung bawah di sebelah kanan, dokter mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid epidural. Terutama jika pengidap sakit pinggang sebelah kanan merasakan rasa sakit dan kehilangan mobilitas.

Jika radang usus buntu menjadi penyebabnya dan penggunaan antibiotik tidak membuahkan hasil, dokter akan merekomendasikan pembedahan darurat untuk mengangkat usus buntu.

Sementara itu, penanganan darurat untuk meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan sakit pinggang adalah:

  • Tetap beraktivitas namun pastikan untuk membatasi gerakan yang dapat memicu nyeri.
  • Mengompres kain hangat pinggang yang sakit selama beberapa menit, lalu ulangi setidaknya tiap satu jam.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen.
  • Mengoleskan gel pereda nyeri untuk menenangkan otot yang tegang.
  • Pastikan untuk melakukan peregangan otot pinggang secara rutin.
  • Hindari mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan olahraga berat.

Sumber Artikel: Halodoc

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA