Iklan
Iklan

Serangan Israel Membuat Anak-Anak Gaza Trauma

- Advertisement -
Ribuan anak di Gaza menderita trauma setelah 11 hari serangan Israel di daerah kantong yang terkepung.

Ketika Gaza mencoba untuk pulih dari serangan Israel yang mematikan selama 11 hari, para ibu dan pekerja kesehatan mental telah menyuarakan kekhawatiran bahwa efek psikologis dari kekerasan akan bertahan lama di antara anak-anak di Jalur Gaza.

Hala Shehada, seorang ibu berusia 28 tahun dari daerah Beit Hanoun di Gaza utara, mengatakan kepada Al Jazeera ketika serangan Israel mulai menghantam Gaza awal bulan ini, dia mendapati dirinya menghidupkan kembali kenangan tragis serangan Israel 2014 seolah-olah itu terjadi “kemarin”.

“Serangan terbaru di Gaza membawa saya kembali ke kenangan paling kelam dari enam tahun lalu ketika suami saya terbunuh,” kata Shehada kepada Al Jazeera.

“Tapi kali ini lebih buruk. Putri saya yang berusia enam tahun Toleen, yang lahir lima bulan setelah ayahnya terbunuh, merasa ngeri selama serangan itu. ”

Kaum muda termasuk di antara kelompok yang paling terkena dampak selama serangan Israel di daerah kantong pantai yang terkepung. Serangan udara dan artileri Israel menewaskan 253 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, dan menyebabkan lebih dari 1.900 orang terluka.

Dua anak termasuk di antara 12 orang yang tewas di Israel oleh roket yang ditembakkan oleh Hamas dan kelompok bersenjata lainnya dari Gaza selama periode yang sama.

Serangan Israel juga menghancurkan 1.800 unit pemukiman di Gaza dan menghancurkan sebagian setidaknya 14.300 lainnya. Puluhan ribu warga Palestina terpaksa berlindung di sekolah-sekolah yang dikelola PBB.

Meskipun gencatan senjata dicapai antara Israel dan Hamas pada 21 Mei, banyak keluarga terus menderita. Mayoritas sudah trauma dengan 51 hari kampanye pemboman Israel di Gaza pada tahun 2014. Serangan Israel itu menewaskan lebih dari 2.200 warga Palestina, termasuk 500 anak-anak.

Mimpi buruk yang terus-menerus

Bagian terburuk dari serangan Isreal terakhir adalah “menjadi seorang ibu yang harus bisa menenangkan putrinya” meski tidak bisa, kata Shehada.

“Sangat sulit menjadi ibu di Gaza. Saya sendiri ketakutan. Kondisi mental putri saya memburuk selama penyerangan. Dia menangis histeris saat mendengar bom, ”kata Shehada.

“Bahkan sekarang dengan gencatan senjata, Toleen menderita mimpi buruk. Dia bangun sambil berteriak di tengah malam. Saya mencoba yang terbaik untuk menghiburnya, tapi itu membunuh saya untuk melihatnya seperti ini, ”tambahnya sambil terisak.

Seperti banyak ibu di Gaza, Shehada mengatakan dia dan putrinya membutuhkan rehabilitasi psikologis. “Apa pun yang berhasil saya atasi dalam serangan 2014 kembali menghantui saya,” katanya.

Tetapi tanpa banyak layanan dukungan kesehatan mental yang tersedia di Gaza, Shehada mengatakan kebanyakan orang di Jalur Gaza hanya menangani trauma.

“Penderitaan anak saya membuat saya bertanya-tanya berapa banyak anak di Gaza yang menderita sepanjang hidup mereka karena trauma perang.”

Serangan Israel
Seorang anak berdiri di tempat terbuka yang dipenuhi puing-puing dari serangan udara Israel selama 11 hari serangan di Gaza [File: John Minchillo / AP]

Orang tua berusaha untuk tetap kuat

Reem Jarjour, 30, seorang pekerja sosial dan ibu dari tiga anak, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa dia telah berjuang untuk tetap kuat dan mantap untuk anak-anaknya sejak serangan Israel.

“Anak-anak sangat terpengaruh oleh kesehatan mental orang tua mereka, jadi saya dan suami berusaha keras untuk menyembunyikan trauma kami di depan mereka,” Jarjour, yang memiliki anak berusia enam dan lima tahun, dan seorang bayi berusia lima bulan, kata.

“Saya mencoba mengaplikasikan apa yang saya pelajari sebagai pekerja sosial dengan membuat mereka sibuk dengan kegiatan seperti menggambar dan melukis,” namun tidak berhasil, terangnya.

Ketika menara Al-Jawhara tempat ayahnya tinggal menjadi sasaran serangan Israel pada 11 Mei, dia “benar-benar hancur”, katanya.

“Saya menangis dan menangis ketika memikirkan tentang keluarga saya dan ke mana mereka akan pergi,” kenangnya. “Saya bahkan tidak dapat menghubungi mereka karena semua kekacauan pada saat itu.

“Tapi yang memaksa saya untuk berhenti adalah melihat anak-anak saya melihat saya saat saya menangis. Saya merasa saya harus kuat untuk mereka, ”kata Jarjour.

Jarjour dan suaminya memutuskan untuk tidur di kamar yang sama dengan anak-anak mereka selama serangan berlangsung untuk mencoba menghibur dan meyakinkan mereka.

“Saya tidak pernah meninggalkan mereka sendirian. Tetapi saya tahu dengan melihat ke mata mereka bahwa mereka takut. Anak-anak tahu semua yang terjadi di sekitar mereka, ”katanya.

Banyak ibu di Gaza mengeluh bahwa gejala trauma juga mulai muncul pada anak-anak mereka, kata Jarjour.

“Teman-teman saya memberi tahu saya bahwa anak-anak mereka kehilangan nafsu makan, sementara yang lain mengalami masalah termasuk gangguan bicara dan mengompol,” jelasnya.

“Semua orang kehilangan kekuatan mereka dalam perang ini, termasuk para orang tua. Anak-anak adalah mata rantai yang paling lemah. Itu kejam, ”kata Jarjour, yang berharap program perawatan kesehatan mental khusus akan segera diluncurkan di seluruh Gaza untuk membantu mendukung anak-anak dan orang tua mereka.

Serangan Israel
Jarjour mengatakan dia berharap program perawatan kesehatan mental khusus akan tersedia di Gaza yang dilanda perang [Sumber: Reem Jarjour / Al Jazeera]

Trauma ‘bukan hal baru’

Ghada Redwan, seorang psikoterapis di Pusat Trauma Palestina Inggris, mengatakan beberapa keluarga di Gaza menghubungi pusat tersebut selama serangan meminta dukungan kesehatan mental untuk anak-anak mereka.

Redwan menawarkan pelatihan berbasis fokus yang banyak digunakan oleh para ahli kesehatan mental untuk menyembuhkan trauma dan gangguan stres pascatrauma. Dia memberi keluarga dan anak-anak teknik untuk membantu mereka mengubah cara mereka menghidupkan kembali trauma yang sedang berlangsung.

“Ada sejumlah kasus yang menyebabkan kepanikan dan ketakutan yang hebat. Ada juga anak-anak yang gejala psikologisnya muncul dengan emosi dan muntah yang kuat, ”kata Redwan kepada Al Jazeera.

Dia mengatakan mereka menyarankan para ibu untuk mencoba dan tetap tenang di depan anak-anak mereka, terutama selama pemboman, sesuatu yang jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Redwan mengatakan saat menghadapi trauma setelah serangan Israel bukanlah hal baru di Gaza, kapasitas untuk membantu terbatas sementara kebutuhan akan perawatan sangat besar.

Berbagi pengalamannya sendiri sebagai ibu dari dua gadis berusia enam dan tiga tahun, Redwan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa sangat sulit untuk melewati pengalaman ofensif.

“Saya menjauhkan anak-anak saya dari berita, menonton kartun, dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan usia mereka. Kapanpun mereka takut dengan bom, saya akan menahan mereka untuk menenangkan mereka, ”katanya.

“Itu adalah tugas yang menakutkan bagi saya dan suami saya, tetapi kami mencoba. Saya sedikit beruntung memiliki pengalaman dalam terapi kesehatan mental, yang membantu saya menghidupi anak-anak saya. Tapi bagaimana dengan ribuan keluarga yang tidak? ”

Serangan Israel
Anak-anak berkumpul di samping kawah di mana rumah-rumah dihancurkan oleh serangan udara di Gaza [File: John Minchillo / AP]

‘Kesenjangan besar dalam layanan’

Menurut Dewan Pengungsi Norwegia (NRC), 12 dari 66 anak yang terbunuh oleh serangan udara Israel adalah peserta program yang bertujuan membantu anak-anak Gaza mengatasi trauma dari perang sebelumnya.

Anak-anak yang selamat dari serangan Israel itu kemungkinan besar akan menghidupkan kembali pengalaman pengeboman setiap malam, NRC mengatakan dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, menambahkan anak-anak di Gaza rata-rata mengalami lima mimpi buruk dalam seminggu.

Hozayfa Yazji, manajer wilayah Gaza di NRC, mengatakan statistik tersebut menyoroti tingkat penderitaan akibat serangan 11 hari terakhir di Gaza yang telah menyebabkan banyak anak.

Menurut Yazji, NRC telah bekerja dengan 118 sekolah, memberikan dukungan untuk 75.000 anak sejak meluncurkan layanan terapi trauma untuk anak-anak di Gaza pada tahun 2012.

“Tapi kami sekarang menghadapi kesenjangan besar dalam layanan dukungan psikologis setelah agresi baru-baru ini,” katanya. “Jumlah anak yang membutuhkan psikoterapi diharapkan meningkat tiga kali lipat.”

‘Kebutuhan mendesak’

Yazji mengatakan, kondisi kemanusiaan yang parah yang dialami anak-anak di Jalur Gaza memperburuk kondisi kesehatan mental mereka, namun serangan Israel berdampak paling buruk pada anak-anak.

Pengepungan selama 14 tahun yang dilakukan Israel di daerah kantong pesisir, meningkatnya tingkat kemiskinan yang mencapai 50 persen dari populasi, tingkat pengangguran 55 persen, dan sistem perawatan kesehatan yang bobrok semuanya membuat penderitaan anak-anak lebih buruk, katanya.

Anak-anak di bawah usia 18 tahun merupakan 45 persen dari populasi di Jalur Gaza. “Ini membuat intervensi program pertolongan pertama psikologis menjadi kebutuhan yang mendesak,” kata Yazji kepada Al Jazeera.

Dia mengatakan setidaknya 90 persen penduduk Gaza membutuhkan dukungan dan perawatan kesehatan mental karena serangan Israel yang berulang dan kondisi kemanusiaan yang menghancurkan di Jalur itu.

“Kebutuhan itu di luar kemampuan kami. Kami bekerja dengan beberapa organisasi pemerintah dan internasional untuk meningkatkan program kami, ”kata Yazji, menambahkan dewan berharap dapat melatih lebih banyak orang yang dapat memberikan dukungan kesehatan mental di seluruh Gaza.

Artikel Asli Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA