Iklan
Iklan

Departemen Teknik Elektro UNAND Pasang Pompa Air Bertenaga Surya di Masjid At-Taqwa Anduring

- Advertisement -
Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas (UNAND) melakukan pemasangan pompa air bertenaga surya di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Hal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan di mana pompa air menjadi komponen terbesar penggunaan energi listrik di Masjid At-Taqwa.

Masjid At-Taqwa yang berlokasi di Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang menghadapi kendala dalam memenuhi kebutuhan energi listrik. Pompa air menjadi salah satu sumber penggunaan energi listrik terbesar di masjid tersebut. Namun, masjid tersebut mengalami ketergantungan terhadap suplai listrik dari PT. PLN yang sering terganggu. Masjid At-Taqwa juga menghadapi kendala dalam hal pemenuhan kebutuhan air yang mencukupi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pengurus dan jamaah Masjid At-Taqwa bersama dosen dari Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas bekerja sama untuk menerapkan Pompa Air Bertenaga Surya di Masjid At-Taqwa. Penggunaan Pompa Air Bertenaga Surya diharapkan dapat mengurangi biaya listrik bulanan hingga Rp. 100.000-200.000.

Selain itu, dengan menerapkan teknologi solar panel sebagai sumber energi alternatif, kegiatan tersebut juga mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan menuju emisi nol pada tahun 2050.

Departemen Teknik Elektro UNAND

Pemasangan Pompa Air Bertenaga Surya di Masjid At-Taqwa dilakukan dengan metode dan tahapan pelaksanaan yang terdiri dari: memasang PLTS, mensosialisasikan PLTS ke pengurus dan jama’ah masjid, dan melakukan publikasi dan pelaporan.

Pengurus dan jamaah masjid akan diberikan sosialisasi dan publikasi tentang penerapan PLTS serta tahapan pelaksanaannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini direncanakan bersifat multitahun agar teknologi yang diterapkan dapat dioptimalkan dan dapat menjadi solusi alternatif dalam mengatasi masalah penggunaan energi listrik di tempat ibadah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mengurangi biaya operasional bulanan masjid dengan menggunakan sumber energi alternatif, serta dapat menjadi contoh penerapan Pompa Air Bertenaga Surya di tempat ibadah.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA