Beranda NASIONAL Tol Bengkulu Dibuka Secara Gratis Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Tol Bengkulu Dibuka Secara Gratis Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Tol Bengkulu
Ruas Tol Bengkulu sesi Kota Bengkulu- Taba Penanjung akan dibuka pada saat arus mudik dan balik lebaran 2022 ini.

Informasi tentang pembukaan Tol Bengkulu ini diunggah oleh chanel YouTube SI_HIRA 《poliSI berHatI nuRAni》milik Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu yang diunggah Sabtu (23/4/2022).

Ruas Tol Bengkulu ini mulai dibuka tanggal 26 April sampai 10 Mei 2022. “Dari mulai jam 07.00 pagi sampai dengan jam lima sore (17.00),” ujar Polwan dalam video itu.

Namun meski dibuka gratis, para pengendara roda empat harus tetap menyiapkan kartu e-Tol.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu Seksi Bengkulu – Taba Penanjung telah mencapai progress konstruksi 100 persen.

Tol yang dibangun PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sejak tahun 2019 ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022 lalu.

Sebelumnya, tengah menunggu surat keputusan laik operasi dari Kementerian PUPR sebelum akhirnya dapat dioperasikan atau difungsionalkan.

Tol bengkulu

Membentang sepanjang 17,6 km, Jalan Tol Seksi Bengkulu – Taba Penanjung ini merupakan tol pertama yang hadir di bumi Rafflesia.

Menyambungkan kota Bengkulu dan Taba Penanjung, Tol Bengkulu ini memiliki kecepatan rencana sebesar 80 km/jam dan mampu menghadirkan waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung.

Sementara jika berkendara dari Bengkulu ke Taba Penanjung atau sebaliknya melalui jalan nasional, waktu tempuh dapat mencapai lebih kurang 1 jam.

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung ini akan memberlakukan sistem one gate, yakni dengan melakukan satu kali tapping di GT Bengkulu di Betungan.

Adapun jalan tol ini memiliki 21 jembatan, dua simpang sebidang dan satu buah interchange. ”Proteksi lereng harus dilakukan di proyek Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung untuk mencegah erosi yang akan mengganggu operasional jalan tol nantinya,” ujar Direktur Operasi III HKI Selo Tjahjono.

BACA JUGA  34 TKA Asal China Kembali Masuk Indonesia, Sahroni: Saya Tak Percaya Ucapan Yasonna Laoly

Selo berharap jika Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung sudah dapat diakses masyarakat, mobilitas masyarakat dari Bengkulu ke Taba Penanjung dan sebaliknya akan menjadi lebih cepat.

“Kami senantiasa berupaya menghadirkan infrastruktur dengan kualitas terbaik untuk masyarakat, khususnya jalan tol. Ini merupakan komitmen HKI dalam menyukseskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera,” pungkasnya.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakAncam Patahkan Leher Bobby Nasution, Seorang Pria Viral dan Diburu Polisi
Artikulli tjetërFabio Quartararo Juara MotoGP Portugal 2022