Iklan
Iklan

Tragedi Maut Sirkuit Mandalika, Pembalap Jepang Haruki Noguchi Akhirnya Meninggal Dunia

- Advertisement -
Tragedi maut di Sirkuit Mandalika mengakibatkan tewasnya pembalap asal Jepang, Haruki Noguchi pada Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023, Minggu (13/8/2023)

Peristiwa tersebut menandai tragedi maut pertama yang terjadi di Sirkuit Mandalika. Setelah salah satu pembalap muda berbakat di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023, Haruki Noguchi, dilaporkan meninggal dunia.

Kabar buruk dari dunia balap motor ini mewarnai hari peringatan kemerdekaan Indonesia pada Kamis (17/8/2023).

Noguchi dinyatakan meninggal pada Rabu (16/8/2023) petang kemarin, setelah menghadapi masa kritis usai mengalami kecelakaan yang cukup fatal pada balapan AARC 2023 yang digelar pada Minggu (13/8/2023), di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Pembalap 22 tahun itu terlibat kecelakaan saat sedang berjuang menjadi yang tercepat pada rangkaian race 2 d kelas Asia Superbike1000 (ASB1000).

Di tikungan 10 Sirkuit Mandalika, saat memasuki lap keempat, Noguchi dan pembalap Malaysia, Zaqwan Zaidi tengah bersaing sengit. Sayangnya motor Zaidi tergelincir dan seketika terjadi kontak dengan ban motor Noguchi.

Noguchi terjatuh di tengah lintasan dan kepalanya terlindas oleh pembalap lain dibelakangnya yang tak sempat menghindari menyusul kecepatan tinggi mereka di lintasan.

Tragedi Maut

Kecelakaan fatal tersebut sampai membuat race kedua dibatalkan. Noguchi pun sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif beberapa hari terakhir. Namun takdir berkata lain, hari ini ia mengembuskan napas terakhirnya.

Pihak Sirkuit Mandalika pun telah merilis kabar meninggalnya Noguchi melalui rilis resmi.

“17 Agustus 2023, untuk menghormati keluarga Haruki Noguchi dan tim, yang telah meminta waktu privasi untuk meratapi kehilangan mereka,” demikian bunyi awal pernyataan resmi Mandalika GP. Dengan sangat sedih, kami melaporkan berita duka atas meninggalnya Haruki Noguchi setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum, NTB.”

“Pada Putaran-4 FIM Asia Road Championship 2023 yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Haruki mengalami cedera kritis menyusul insiden di Tikungan-10, pada Lap ke-4 di kategori balap Asia Superbike 1000cc.”

“Pebalap berusia 22 tahun itu langsung mendapat perawatan medis di Medical Center Pertamina Mandalika International Sirkuit, sebelum dipindahkan ke rumah sakit setempat.”

“Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis, Haruki meninggal karena luka-lukanya pada tanggal 16 Agustus 2023 pukul 17:40 waktu setempat.

“Presiden FIM Asia & Dewan Direksi, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Two Wheels Motor Racing dan keluarga FIM Asia Road Racing, menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang mengenal Haruki Noguchi.”

Sirkuit Mandalika mulai resmi digunakan untuk balapan internasional sejak 2021 lalu. Tewasnya Haruki Noguchi mendandai tragedi maut pertama yang terjadi di Sirkuit Mandalika, yang berakhir dengan kematian.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA