Iklan
Iklan

UCLG ASPAC dan Smart Change Gelar Acara Pendukung U20 Mayors Summit

- Advertisement -
UCLG ASPAC dan proyek Smart Change yang didanai oleh Uni Eropa secara bersama menggelar Urban 20 side event (U20).

Sebagai bagian dari acara U20 Mayors Summit 2022 yang diorganisir oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kegiatan Bersama United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) menghadirkan perwakilan G20 dan mitra kerja lainnya untuk menyoroti urgensi pemerintahan berbasis digital, menampilkan praktik penerapan Smart City, dan menegaskan vitalnya peran keterikatan antara pemangku kepentingan suatu kota pada proses yang berlangsung.

Tujuan dari pelaksanaanacara yang digelar UCLG ASPAC  ini adalah hadirnya rekomendasi untuk U20 Sherpa dalam upaya akselerasi pembangunan berkelanjutan dan darurat iklim.

UCLG ASPAC

Acara UCLG ASPAC ini dibuka oleh Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Ina Lepel, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, dan Ana-Maria Trǎsnea, Delegasi Kota Berlin untukRepublik Federal Jerman dan Sekretaris Tetap untuk Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi, dan Hubungan Internasional. Kolaborasi ini dibangun berdasarkan hubungan sister city antar Jakarta dan Berlin, serta lewat pembiayaan Uni Eropa pada proyek Smart Change untuk memperkuat relasi antar pemangku kepentingan dan memberikan dukungan aktif pada berbagai langkah pengembangan Smart City hingga inovasi untuk Jakarta.

“Ini merupakan momentum yang baik untuk mendorong terciptanya pemerintahan berbasis digital dan masyarakat yang inklusif sebagai penggerak utama mengatasi masalah perkotaan dan percepatan dalam meraih Agenda 2030,” kata Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC.

UCLG ASPAC

Lebih dari 70 perwakilan kota yang berasal dari 6 area urban, termasuk di dalamnya rekanan lokal dan internasional memberikan 15 poin rekomendasi. Adapun poin-poin ini mendiskusikan signifikansi dan penerapan digitalisasi yang kian mendesak dilakukan terkait kecerdasan dan inklusivitas dalam kebijakan publik perkotaan, sekaligus menitikberatkan pada isu utama U20 tahun ini tentang pembangunan keberlanjutan termasuk isu sosial-ekonomi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kunjungan delegasi pembuat dan pelaksana kebijakan dari Berlin dan Bangkok ke Jakarta, salah satu program pilar dari proyek Smart Change. Selama kunjungan, perwakilan yang hadir fokus pada tantangan yang dihadapi dalam proses “Smart” kolaborasi, mobilisasi, dan investasi melalui rangkaian workshop dan pertemuan dengan perwakilan mulai dari Pemerintah

UCLG ASPAC

Provinsi DKI Jakarta hingga pelaku sektor terkait. Program yang dilakukan untuk memfasilitasi pertukaran solusi dan rekomendasi secara langsung antar pemangku kepentingan lokal terkait inovasi kota di Jakarta sekaligus menjalin kemitraan yang erat antara Berlin, Jakarta dan Bangkok.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA