Iklan
Iklan

Wajah Tampak Awet Muda dengan Retinol

- Advertisement -
Untuk membuat wajah tampak awet muda salah satunya yang sangat popular saat ini dengan memanfaatkan retinol. Zat yang terdapat pada retinol adalah zat turunan dari vitamin A. Zat ini memang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Tak hanya itu, disamping membuat wajah tampak awet muda retinol juga memiliki beragam manfaat lainnya.

Di pasaran, retinol ini sangat mudah ditemukan dalam berbagai jenis dan merek produk perawatan kulit wajah. Jenis-jenis produk yang mengandung retinol diantaranya adalah serum, toner, atau pelembap.

Seluruh produk berbahan retinol umumnya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah.

Inilah Berbagai Manfaat Retinol agar Wajah Tampak Awet Muda

Selama ini Retinol juga diketahui bermanfaat sebagai bahan perawatan kulit wajah awet muda karena manfaatnya.

Inilah beberapa manfaat retinol untuk kulit wajah awet muda:

Membuat kulit wajah tampak awet muda

Kenapa Retinol bisa memperlambat proses penuaan kulit? Karena retinol mampu memelihara fungsi lapisan kulit terluar atau epidermis sebagai pelindung tubuh, termasuk juga menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen.

Manfaat inilah yang membuat kulit wajah tampak awet muda.

Memperbaiki tekstur kulit

Retinol juga dikenal memiliki molekul yang kecil maka bisa masuk ke bawah lapisan epidermis. Ketika berada di lapisan tengah kulit, retinol ini akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Maka, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

Meningkatkan elastisitas kulit

Retinol juga dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sangat bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Memudarkan bintik hitam

Apabila wajah terkena sinar matahari terlalu berlebihan bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah. Salah satunya adalah munculnya bintik hitam. Retinol diketahui juga dapat memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari.

Manfaat retinol untuk kulit wajah juga dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.

Mencegah munculnya jerawat

Zat ini juga mengandung agen komedolitik untuk mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah. Disamping itu, retinol juga dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Inilah yang Diperlukan Saat Menggunakan Retinol

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, retinol juga memiliki efek samping. Pada umunya, orang yang menggunakan retinol akan merasakan efek samping berupa kulit kering dan iritasi, terutama jika baru pertama kali mencoba.

Efek samping itu juga bisa saja terjadi, jika retinol digunakan bersamaan dengan bahan lain, seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Selain kulit kering dan iritasi, efek samping lain yang dapat muncul dari penggunaan retinol meliputi:

  • Kulit kemerahan
  • Peradangan
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Gatal-gatal

Namun, efek samping yang terdapat pada retinol sifanya sementara dan akan membaik dalam beberapa minggu setelah itu akan terbiasa menggunakan retinol. Tapi, apabila efek samping ini terjadi secara terus-menerus dan justru akan memperburuk kondisi kulit wajah, segera hentikan penggunaannya.

Agar risiko efek samping bisa berkurang, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan Ketika menggunakan retinol, di antaranya:

  • Gunakan retinol setidaknya 30 menit setelah mencuci muka
  • Gunakan retinol sedikit demi sedikit sebanyak 2 kali seminggu untuk meningkatkan toleransi kulit wajah terhadap berbagai kandungan dalam retinol.
  • Hindari mengaplikasikan retinol di area sekitar mata dan mulut serta jangan lupa mengoleskan pelembap, misalnya niacinamide, setelahnya.
  • Hindari pula menggunakan retinol di pagi atau siang hari, karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko efek samping.

Apabila Anda sedang menyusui atau memiliki gangguan pada kulit, seperti rosacea atau eksim, sebaiknya jangan menggunakan retinol. Ibu hamil juga tidak dianjurkan menggunakan retinol, karena bahan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kecacatan pada janin atau keguguran.

Yang perlu diingat bahwa manfaat retinol untuk kulit wajah tidak bisa didapatkan secara instan. Diperlukan waktu beberapa minggu bahkan hingga 6–12 bulan untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Sebelum menggunakan retinol, pastikan Anda memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM agar terjamin keamanannya.

Bila Anda ingin tahu lebih jauh seputar manfaat retinol untuk kulit wajah atau mengalami masalah kulit dan ingin menggunakan retinol untuk mengobatinya, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA