Beranda INFO SEHAT COVID-19 1.298 Anak di Pasaman Barat telah Vaksin Covid-19

1.298 Anak di Pasaman Barat telah Vaksin Covid-19

Anak Pasaman Barat,Vaksin Covid-19
Guna meningkatkan imun tubuh dan mencegah penyebaran Covid-19, Sebanyak 1.298 anak-anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat telah divaksin hingga Selasa (8/2).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pasaman Barat Gina Alecia mengatakan sejak kita memulai vaksin untuk anak-anak sejak Kamis (3/2) hingga hari ini capaian vaksin baru 2,65 persen atau 1.298 orang dan kita terus memacu capaian setiap hari,” ujarnya. Selasa (8/2).

Gina mengatakan pihaknya bersama Polres Pasaman Barat saat ini terus melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada memberikan pemahaman kepada guru dan orang tua murid tentang pentingnya dilakukan vaksin.

“Bagi sekolah yang telah menerima sosialisasi maka langsung diadakan pelaksanaan vaksin di sekolah,” kata Gina.

Vaksinasi anak dilakukan dalam rangka usaha untuk mengatasi penyebaran Covid-19,” ujar Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra.

Pemerintah pusat sudah banyak melaksanakan langkah-langkah kongkrit penanganan Covid-19, salah satunya dengan program vaksin yang sudah dilaksanakan beberapa waktu terakhir serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia.

“Pelaksanaan vaksinasi ini berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021 perihal kajian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun,” ujarnya.

Menteri Kesehatan RI telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun,” ucapnya.

Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM.

“Untuk Pasaman Barat, dari data terdapat sasaran vaksinasi untuk anak usia 6 -11 tahun sebanyak 49.043 orang,” sebutnya.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra berharap, dengan dicanangkan vaksin anak ini kedepan tidak ada pendapat yang menyesatkan beredar di tengah-tengah masyarakat terkait kegiatan vaksinasi COVID-19 terhadap anak usia 6-11 tahun ini.

Ia meminta kepada kepala sekolah berserta jajaran guru dan Dinas Kesehatan, untuk bekerjasama memastikan seluruh data anak usia 6-11 tahun bisa mendapatkan vaksinasi secara merata.

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto menambahkan pihaknya saat ini terus gencar memberikan sosialisasi ke sekolah dan membuka gerai vaksin di sekolah dasar yang ada.

“Kita juga mengawal pelaksanaan lomba vaksin buat anak-anak yang digagas Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa,” katanya.

Menurutnya pihaknya mendorong capaian vaksin anak-anak dengan memberikan sosialisasi serta pemahaman kepada orang tua wali murid agar mengizinkan anaknya untuk mau divaksin.

“Vaksin ini merupakan salah satu ikhtiar kita untuk terhindar dari wabah virus Covid-19, terutama kepada anak sekolah,”  tutup Sekda. (Kay)

Iklan
Artikulli paraprakAkibat Banjir, Warga Kepahiang Gagal Panen Jagung
Artikulli tjetër2022, Deterjen Cair Berbahan Aktif Tumbuhan Bakal Jadi Tren