Iklan
Iklan

2023 Melly Goeslaw “Bertemu Kembali” Nike Ardilla Lewat Teknologi Deep Fake

- Advertisement -
Melly Goeslaw dan Mendiang Nike Ardilla merupakan fenomena besar dipanggung musik tanah air. Dua sahabat sejati yang merintis karier bernyanyi sejak usia belia ini sukses menorehkan segudang prestasi lewat hits andalan mereka masing-masing.

Meski kini telah terpisah oleh dimensi yang berbeda, Melly Goeslaw tetap mengikut sertakan Nike Ardilla dan ingin Almarhumah terlibat dalam karya serta perjalanan musiknya melalui perilisan single terbaru mereka yang berjudul “Bertemu Kembali” yang resmi diluncurkan pada Desember 2023.

Lagu kolaborasi Melly Goeslaw dan Nike Ardilla ini memanfaatkan kecanggihan teknologi AI ini menceritakan tentang kondisi perpisahan yang diyakini hanya sementara dan tidak bersifat abadi.

Melly Goeslaw

“Lagu “Bertemu Kembali” itu sebenarnya cerita tentang rumpi-rumpian saya sama Nike dahulu kalau nanti kami nikah tuh bareng, jadi kaya kawin masal ya, haha. Tapi setelah saya akhirnya bertemu dengan jodoh saya, Nike malah pergi duluan dan angan-angan kami di masa lalu tidak pernah menjadi kenyataan,” jelas Melly Goeslaw.

Perilisan “Bertemu Kembali” juga merupakan momentum perayaan ulang tahun Nike Ardilla yang jatuh pada 27 Desember. Lagu ini seolah menjadi persembahan terindah dari Melly Goeslaw untuk Nike sang sahabat yang namanya tetap abadi di hati masyarakat Indonesia.

Sosok Nike Ardilla yang melegenda seolah ‘dihidupkan’ dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi AI (Artificialintelligence) bernama Deep Fake. Teknologi ini merupakan terobosan di industri musik yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat audio visual terlihat sangat nyata.

Melly Goeslaw

Awal mula ide perilisan mahakarya terbaruini diinisiasi terlebih dahulu oleh Melly Goeslaw dan merupakan mimpi besarnya sejak lama untuk berkolaborasi dengan Nike, sahabatnya. Setelah menyatakan niat baiknya kepada Ibu Indrawati Widjaja yang akrab disapa Ibu Acin dari Musica Studio’s, Melly akhirnya mendapat dukungan penuh dan sambutan baik dari pihak label tempat Almarhumah Nike Ardilla bernaung.

“Saat itu saya amat terharu dan sedih karena terlalu bahagia. Mumpung saya masih ada, saya ingin sekali niat ini terealisasikan. Alhamdulillah teknologinya sudah mumpuni, jadi bisa menghadirkan kembali sosok yang sudah tiada dan dikolaborasikan secara real dan bagus hasilnya,” pungkas Melly.

Menceritakan tentang proses kreatif pembuatan lagu “Bertemu Kembali”, Melly bertutur ia menghabiskan waktu total selama 3 bulan. Dimulai dari proses pembuatan lagu dan rekaman yang memakan waktu masing-masing 1hari, hingga ke tahap pembuatan musik videonya. Dalam proses pembuatan musik video, Melly merasa emosional dalam perjalanannya menuju lokasi shooting.

Melly Goeslaw

“Saat bagian stand-in nya Nike dibelakang aku, yang ceritanya ada ombak gitu, aku ngerasa merinding, bukan dalam arti kata magis tapi lebih seperti, andaikan hal ini terjadi beneran berdua sama Nike, bukan hanya sekedar stand-in.” Ujar Melly membayangkan.

Berbicara mengenai lirik lagu yangia tulis, satu penggalan lirik yang menjadi favorit Melly adalah pada bagian “Tapi kini aku ada dia, tapi tak ada kamu”. Lirik tersebut dinilai sederhana namun berarti dan memiliki makna besar bagi hubungan persahabatanantara Melly dan Nike, serta hubungan romansa antara dirinya dengan sang suami, Anto Hoed.

Gabungan Antara Dua Lagu Menjadi Satu

Fakta unik yang terdapat dalam lagu “Bertemu Kembali” adalah penggabungan 2 lagu yang dijadikan 1, antara lagu milik Nike berjudul “Duka Pasti Berlalu” ciptaan Dadang S Manaf yang diramu bersama lagu baru yang dibuat oleh Melly. Formula ini merupakan teknik dan terobosan baru yang dapat dilakukan untuk karya banyak musisi besar di Indonesia yang telah tiada.

Melalui perilisan karya terbaru ini, Melly membagikan harapannya bagi seluruh pendengar terkhusus untuk penggemar mendiang Nike Ardilla.

“Semoga lagu inibisa mengobati rasa kerinduan banyak fans-nya Nike, baik yang sudah lama maupun yang baru. Meskipun ini menggunakan vokal almarhumah dari lagu terdahulu, namun karena dikemas dengan gubahan serta aransemen baru, bisa menjadi karya baru yang bisa dinikmati. Semoga ada rasa baru yang dihadirkan lagi untuk parafans-nya. Saya juga berharap lagu ini bisa jadi sumber inspirasi untuk dunia musik Indonesia dengan memanfaatkan teknologi semacam ini menjadi karya yangkeren.” tutup Melly

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA