Beranda INFO SEHAT 5 Cara Mengatasi Bau Mulut

5 Cara Mengatasi Bau Mulut

Mengatasi bau Mulut
Mengatasi bau mulut yang terjadi karena penyakit atau gangguan kesehatan dapat dilakukan dengan pengobatan dari dokter. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyakit yang diderita. Setelah penyakit tersebut teratasi, bau mulut umumnya juga akan hilang.

Namun untuk membantu mengatasi bau mulut, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Rutin menyikat gigi

Untuk mengatasi bau mulut, sikat gigi Anda secara rutin setidaknya dua kali sehari, terutama setiap selesai makan. Menyikat gigi secara rutin dapat membantu mengangkat sisa makanan dan bakteri dari gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

2. Menggunakan benang gigi

Menyikat gigi saja tak cukup, karena sisa makanan bisa saja masih menempel di sela-sela gigi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membersihkan sela gigi menggunakan benang gigi, setiap selesai menyikat gigi atau setidaknya satu kali sehari.

3. Membersihkan lidah secara rutin

Lidah juga merupakan tempat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak, sehingga perlu untuk dibersihkan secara rutin. Anda dapat menggunakan alat pembersih lidah khusus untuk mengangkat kotoran dan bakteri yang menempel pada permukaan lidah.

4. Berkumur dengan obat kumur

Untuk mengatasi bau mulut, Anda dapat menggunakan obat kumur. Dengan berkumur, sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut dapat terangkat dan terbuang.

Kamu bisa menggunakan obat kumur dari bahan alami yang mengandung daun saga, daun sirih, dan akar manis (licorice). Kandungan-kandungan ini dianggap mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan penyebab bau mulut, serta meninggalkan aroma menyegarkan pada mulut.

5. Memperbanyak konsumsi air putih

Selain merawat kebersihan gigi dan mulut, Anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Minum lebih banyak air putih dapat menjaga kondisi mulut agar tidak kering, yang merupakan salah satu penyebab bau mulut.

BACA JUGA  13 Buah yang Dapat Bantu Turunkan Berat Badan

Selain itu, minum lebih banyak air putih juga dapat membantu membilas sisa makanan yang menempel di rongga mulut dan sela gigi, sehingga tidak terjadi pembusukan yang menyebabkan bau mulut.

Kenali penyebab bau mulut yang Anda alami, agar dapat diatasi dengan cara yang tepat. Jika bau mulut tidak kunjung hilang atau justru bertambah parah, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Facebook Comments

Artikel sebelumya5 Penyebab Bau Mulut
Artikel berikutnyaDirut Pertamina Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Berpengaruh di Dunia versi Fortune