Beranda INFO SEHAT 5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Penyakit Berbahaya

5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Penyakit Berbahaya

Manfaat
Buah pepaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi konstipasi alias susah buang air besar. Selain itu, dalam satu buah pepaya juga terkandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan serta kecantikan.

Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki kandungan yang tidak kalah. Meski memiliki rasa yang pahit dan tidak banyak dikonsumsi, daun pepaya nyatanya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Rutin mengonsumsi daun pepaya, misalnya direbus atau dijadikan jus, disebut bisa membantu menurunkan risiko kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, anti malaria, serta menghambat pertumbuhan bakteri.

Manfaat Rutin Konsumsi Daun Pepaya

Daun pepaya dikenal memiliki rasa yang pahit, sehingga jarang ada yang mau mengonsumsinya. Namun jangan salah, dibalik rasa pahit tersebut ternyata ada banyak nutrisi yang bisa didapat. Kandungan nutrisi dalam daun pepaya bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan membuat tubuh tetap bugar. Berikut ini beberapa manfaat sehat dari konsumsi daun pepaya:

Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi daun pepaya adalah tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah risiko kanker. Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan sifat anti-kanker yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Konsumsi daun pepaya juga disebut bisa membantu membuang racun dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

Anti Malaria

Selain kanker, daun pepaya ternyata juga bisa berperan sebagai anti malaria. Konsumsi daun pepaya bisa membantu mencegah dan mengobati malaria. Untuk mendapat manfaat ini, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus daun pepaya satu kali sehari. Biar khasiatnya maksimal, hindari menambahkan gula atau zat lain pada jus daun pepaya.

Anti Bakteri

Daun pepaya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di tubuh. Daun pepaya disebut memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, parasit, dan jenis bakteri lainnya. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan tanin yang bisa menghilangkan cacing yang bisa merusak dinding usus.

BACA JUGA  Inilah Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Anda

Mencegah Demam Berdarah

Konsumsi jus daun pepaya juga bisa membantu mencegah penyakit demam berdarah. Penyakit ini terjadi karena infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan bisa berakibat fatal. Nah, rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu tubuh dalam mengatasi serangan virus penyebab penyakit ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah pepaya dikenal bisa melancarkan sistem pencernaan, tetapi daunnya ternyata tidak kalah berkhasiat. Rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain itu, daun pepaya juga bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami.

Meski kaya akan manfaat, konsumsi buah dan daun pepaya tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu konsumsi makanan sehat dan berolahraga. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa bugar dan kuat dalam melawan penyakit.

Facebook Comments

Artikel sebelumya3 Pria Tewas Tertembak Usai Pesta Miras di Manado
Artikel berikutnyaBanjir Bandang Terjang Kota Palopo, Tinggi Air Capai 1 Meter