Iklan
Iklan

7 Dokumen Penting yang Wajib Disiapkan sebagai Syarat Seleksi CPNS 2023

- Advertisement -
Ada sejumlah dokumen penting yang wajib disiapkan untuk mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023.

Dokumen penting yang wajib diasiapkan tersebut diunggah saat peserta melamar posisi CPNS maupun PPPK.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menuturkan, masyarakat yang berminat menjadi abdi negara bisa menyiapkan diri dan memperhatikan syarat-syaratnya.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” ujar Menteri Anas dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

Anas menegaskan, calon pelamar harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” ujarnya.

Seperti diketahui, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan dilakukan secara online melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), https://sscasn.bkn.go.id.

Dari jadwal resmi yang sudah dirilis ke publik, pembukaan pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK akan dimulai pada 17 September 2023.

Lalu, apa saja dokumen penting yang harus disiapkan pelamar untuk mendaftar CPNS atau PPPK 2023?

Dokumen persyaratan CPNS dan PPPK 2023

Dilansir informasi resmi yang dirilis BKN pada 30 Agustus 2023, beberapa dokumen wajib yang perlu diunggah sebagai syarat administrasi pendaftaran CPNS dan PPPK meliputi:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)
  2. Kartu keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Pas foto terbaru
  7. Daftar riwayat hidup.

Perlu diketahui, beberapa formasi dan instansi ada yang mensyaratkan dokumen administrasi lainnya.

“Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar,” ujar Anas.

Untuk itu, pelamar diimbau untuk benar-benar memperhatikan persyaratan formasi yang akan dilamar.

Sebagai tambahan informasi, dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, akan dirilis secara resmi oleh masing-masing instansi.

Calon pelamar diimbau untuk memantau pengumuman yang disampaikan melalui laman resmi instansi yang dituju maupun laman SSCASN secara berkala.

Cara daftar CPNS dan PPPK 2023

Pelamar hanya dapat melamar satu posisi pada satu instansi yang ikut dalam rekrutmen CASN 2023 melalui laman resmi SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.

Sebagai catatan, pelamar hanya bisa melamar pada satu jenis seleksi pada satu jabatan sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.

Pendaftaran CPNS dan PPPK pun juga dilakukan satu pintu melalui laman SSCASN, setelah pelamar mempunyai akun.

Akun bisa didaftarkan dengan mengisi nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), nama lengkap, nomor handphone, hingga alamat e-mail.

Demikian informasi mengenai dokumen penting sebagai persyaratan yang dibutuhkan untuk seleksi CPNS dan PPPK 2023. Bagi masyarakat yang berminat dalam rekrutmen kali ini, dapat segera mempersiapkan diri.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA