Beranda INFO SEHAT 7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga
Tak hanya manis dan menyegarkan, manfaat buah naga juga tidaklah sedikit. Beragam nutrisi di dalam buah yang sering digunakan sebagai campuran es buah ini baik untuk kesehatan, mulai dari menyehatkan saluran cerna hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di negara tropis, termasuk Indonesia. Ada beragam jenis buah naga, tetapi yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah buah naga merah dan buah naga putih.

Di dalam 100 gram buah naga, terkandung sekitar 60 kalori. Buah naga juga mengandung beragam nutrisi berikut:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Gula
  • Kalsium
  • Vitamin A, C, dan E

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung magnesium, zat besi, serta berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat buah naga yang bisa Anda peroleh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan:

1. Menyehatkan saluran cerna

Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk melancarkan buang air besar dan menyehatkan saluran pencernaan.

Tak hanya itu, serat prebiotik dalam buah naga juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan mencegah masalah kesehatan pada saluran cerna, seperti diare dan konstipasi.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Tak hanya menyehatkan saluran pencernaan, kandungan serat dalam buah naga juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, buah naga juga mengandung betalain, salah satu jenis antioksidan yang membuat daging buah ini berwarna merah. Antioksidan betalain diketahui mampu menjaga kolesterol baik (HDL) dalam tubuh agar kadarnya tetap normal.

BACA JUGA  3 Cara Menghilangkan Tato Permanen

3. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah naga dapat mengendalikan gula darah dengan cara memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak, sehingga produksi hormon insulin pun meningkat.

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas buah naga untuk mengontrol gula darah masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat buah naga lainnya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah naga kaya akan kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah naga baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah naga mampu menurunkan tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan buah naga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

6. Menangkal efek radikal bebas

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Kandungan antioksidan dalam buah naga juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, mencegah penuaan dini, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Menjaga berat badan

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori dan bebas lemak, sehingga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani diet.

Tak hanya itu, buah naga juga tinggi serat sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda pun dapat lebih mudah menurunkan berat badan tanpa rasa lapar berlebih.

BACA JUGA  Kolesterol Tinggi Akibatnya Bisa Fatal

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi buah naga, Anda juga perlu berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Naga

Meski manfaat buah naga sangat banyak, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlah buah naga yang kondisinya masih baik dan terlihat segar. Jangan lupa juga untuk mencuci buah naga terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Anda dapat mengonsumsi buah naga secara langsung, mengolahnya menjadi jus, mencampurnya dengan salad buah atau es buah.

Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah naga atau pola makan sehat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Facebook Comments