Iklan
Iklan

9 Makanan Peninggi Badan yang Kaya Protein

- Advertisement -
Makanan peninggi badan pada umumnya kaya akan protein. Pasalnya, nutrisi yang satu ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, termasuk meningkatkan tinggi badan di masa pertumbuhan.

Tinggi badan memang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dari kedua orang tua. Namun, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi tinggi badan seseorang.

Protein adalah nutrisi yang amat penting bagi pertumbuhan tulang. Selain itu, protein juga terbukti mampu meningkatkan hormon yang mengatur tinggi badan. Oleh karena itu, makanan tinggi protein sering kali dianggap sebagai makanan peninggi badan.

Pilihan Makanan Peninggi Badan

Selain mengandung protein, makanan peninggi badan pada umumnya juga mengandung nutrisi lain yang berperan dalam pertumbuhan tulang, seperti kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium.

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan peninggi badan yang dapat dikonsumsi:

1. Telur

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, telur menjadi salah satu makanan peninggi badan yang sangat baik. Di samping itu, telur juga kaya akan vitamin D yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Dengan begitu, kesehatan tulang dapat terjaga dan pertumbuhannya pun bisa maksimal.

2. Ayam

Mengonsumsi daging ayam adalah cara menambah tinggi badan yang patut dicoba. Tak hanya kaya akan protein, makanan peninggi badan yang satu ini juga kaya akan taurin. Taurin adalah asam amino yang berfungsi untuk mengatur pembentukan tulang, sehingga tubuh bisa tumbuh lebih tinggi.

3. Kacang polong

Makanan yang satu ini tak hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung zat besi dan vitamin B. Beragam nutrisi dalam kacang polong ini bermanfaat untuk mencegah keterlambatan tumbuh kembang akibat anemua, terutama pada anak-anak.

4. Yoghurt

Selain tinggi protein, yoghurt juga mengandung banyak nutrisi yang berperan dalam pembentukan tulang, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Berbagai nutrisi tersebut menjadikan yoghurt sebagai salah satu makanan peninggi badan yang baik untuk dikonsumsi.

5. Stroberi

Stroberi dan buah beri lainnya, seperti bluberi, rasberi, dan blackberry, merupakan pilihan makanan peninggi badan yang kaya akan vitamin C. Fungsi vitamin C sebagai peninggi badan antara lain adalah mendorong pertumbuhan sel, termasuk tulang.

Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kesehatannya, sehingga tubuh bisa menjadi lebih tinggi.

6. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya, seperti kangkung maupun kol, merupakan pilihan makanan peninggi badan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Sayuran berdaun hijau pada umumnya kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan kepadatan tulang sekaligus meningkatkan tinggi badan.

7. Ubi jalar

Manfaat ubi jalar sebagai makanan peninggi badan diperoleh dari kandungan vitamin A di dalamnya. Terkenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan mata, vitamin ini sebenarnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan tinggi badan.

Tidak sampai di situ, mengonsumsi makanan peninggi badan yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan usus. Dengan demikian, penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk menambah tinggi badan bisa menjadi lebih maksimal.

8. Kacang almond

Jenis kacang lainnya yang juga dapat dikonsumsi sebagai makanan peninggi badan yaitu kacang almond. Pasalnya, kacang almond kaya akan vitamin E yang berperan dalam pertumbuhan. Kekurangan vitamin ini bahkan dapat menyebabkan stunting pada anak-anak.

9. Ikan salmon

Omega-3 adalah jenis lemak baik yang banyak terdapat pada ikan salmon. Jenis lemak yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan tinggi badan dengan memaksimalkan pertumbuhan pada anak-anak.

Di samping itu, omega-3 juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan akhirnya berpengaruh terhadap kualitas dan tinggi badan. Hal ini karena hormon pertumbuhan dilepaskan ketika seseorang tertidur. Artinya, kurang tidur bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan.

Selain mengonsumsi makanan peninggi badan, pastikan pula untuk memenuhi nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan mengenai pola makan yang sehat untuk meninggikan badan, apalagi jika Anda memiliki alergi makanan, jangan ragu untuk mengonsultasikannya kepada dokter agar manfaat makanan peninggi badan dapat diperoleh secara maksimal.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA