Ahmad Sahroni: Seluruh Indonesia Tahu Anwar Usman Tidak Berintegritas

- Advertisement -

Sikap Anwar Usman tidak mau mundur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) setelah diberhentikan dari jabatan ketua MK oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK) ikut dikomentari Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni menilai sikap tersebut merendahkan marwah lembaga MK karena menurutnya seluruh Indonesia sudah mengetahui Anwar hakim yang tak berintegritas.

Namun, kata Ahmad Sahroni, perilaku seperti yang ditunjukkan Anwar sudah lumrah di Indonesia.  Sebab, banyak pejabat negara yang berkinerja buruk, tapi tak ingin mundur dari jabatannya.

“Jadi ya saya nggak aneh kalau Anwar Usman tidak mau mundur, walau satu negara sudah tahu betapa dia tidak berintegritas, berdasarkan vonis dari MKMK,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini, Kamis (9/11/2023).

“Ironis memang, harusnya MKMK sekalian berhentikan sebagai hakim MK,” imbuhnya.

Ahmad sahroni menambahkan, peristiwa ini membuat masyarakat kian sulit mempercayai putusan yang dikeluarkan MK nantinya.

Putusan yang menjatuhkan sanksi pemberhentian dari Ketua MK kepada Anwar tersebut disampaikan Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie dalam sidang putusan kasus dugaan pelanggaran etik hakim MK pada Selasa (7/11/2023).

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian dari jabatan ketua Mahkamah Konstitusi kepada hakim terlapor,” kata Jimly dalam persidangan yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat.

Dia menjelaskan, sanksi pemberhentian dari jabatan Ketua MK dijatuhkan kepada Anwar Usman karena terlapor terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik dan perilaku hakim konstitusi terkait perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang uji materi terhadap batas usia capres-cawapres.

Hal tersebut, kata Jimly, sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama prinsip ketakberpihakan, prinsip integritas, prinsip kecakapan dan kesetaraan, prinsip independensi, dan prinsip kepantasan dan kesopanan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA