Beranda TEKNOLOGI Apa Itu Kompresi Brotli? Yuk, Cari Tahu Penjelasannya Di Sini!

Apa Itu Kompresi Brotli? Yuk, Cari Tahu Penjelasannya Di Sini!

kompresi brotli
Source: https://imagekit.io/blog/what-and-why-brotli-compression/

Pastinya, akan selalu ada cara untuk membuat loading page website kamu bisa berjalan lebih cepat. Nah, selain memanfaatkan layanan WordPress hosting DomaiNesia salah satu caranya yaitu dengan melakukan teknik kompresi data agar komunikasi data lebih efisien lagi. Untuk mewujudkannya, kamu bisa menggunakan kompresi Brotli.

Apa itu Kompresi Brotli?

Brotli adalah sebuah algoritma yang dikembangkan oleh Google untuk melakukan perintah kompresi. Tujuan diciptakannya Brotli yakni untuk membuat loading halaman website bisa diakses lebih cepat tanpa memakan waktu yang lama.

Melalui teknik kompresi ini, file data akan menjadi berukuran lebih kecil. Sehingga, dapat menghemat penggunaan data saat terjadi komunikasi data. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat membuat proses transfer data bisa berjalan lebih cepat dan stabil.

Tentunya, apabila akses ke halaman suatu website bisa berjalan lebih cepat, pastinya pengunjung website kamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Dengan begitu, dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya, bukan?

Awalnya, pada tahun 2013 Brotli diciptakan untuk melakukan kompresi web font secara offline. Namun, pada tahun 2015 Google mengembangkannya menjadi teknik kompresi data secara umum dan bersifat Open Source.

Baca juga : Mail hosting murah untuk perusahaan.

Nah, secara teknis kompresi Brotli ini menggunakan kombinasi antara algoritma Huffman Coding, 2nd Order Context Modelling, serta LZ77. Dari kombinasi tersebut memungkinkan Brotli membuat back references dengan sliding window, bukan fixed window.

Hasilnya pun kompresi file yang besar dapat berjalan dengan lebih baik dan terjadi  peningkatan sebesar 25% lho! Bahkan, Google menyebut kompresi Brotli adalah sebagai format data baru yang mampu mengalahkan algoritma Zopfli.

Kelebihan Menggunakan Kompresi Brotli

Pada umumnya, semua teknik kompresi bertujuan untuk membuat akses ke website menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu waktu lebih lama. Sehingga proses transfer data yang terjadi menjadi lebih efisien.

BACA JUGA  Inilah Keuntungan Menjalankan Bisnis Online di Era Digital

Akan tetapi, apa yang membuat kompresi Brotli lebih istimewa dibandingkan algoritma kompresi yang sudah ada sebelumnya? Berikut beberapa kelebihan menggunakan kompresi Brotli.

1. Hasil Kompresinya Lebih Kecil

Sebelum Brotli muncul, Gzip lebih dulu digunakan untuk perintah kompresi dan mampu menawarkan performa kompresi yang sangat baik. Namun, semenjak Brotli muncul, kompresi menggunakan Brotli memberikan hasil yang lebih kecil lagi daripada Gzip sendiri.

Dari hasil tersebut tentunya sangat signifikan karena saat ini banyak website yang memiliki file besar, seperti JavaScript. Sehingga, tanpa adanya optimasi ini loading website bisa berjalan lebih lama dan dapat menjadi problem utama.

Sebelumnya mungkin kamu sudah familiar dengan teknik mempercepat website melalui JavaScript, CSS, ataupun HTML. Namun, dengan menggunakan kompresi Brotli ini, upaya untuk optimasi website kamu tentu akan lebih maksimal.

2. Waktu Untuk Kompresi Lebih Cepat

Tidak hanya pada hasil kompresinya saja, waktu untuk kompresi melalui Brotli juga lebih cepat. Dari hasil sebuah pengujian, Brotli terbukti dapat melakukan proses kompresi dengan lebih efektif daripada beberapa algoritma kompresi yang lainnya.

Tes yang dilakukan oleh SitePoint di platform WordPress juga menunjukkan kompresi Brotli ini lebih unggul daripada Gzip lho!  Jadi, apabila kamu mendapatkan hasil yang sebaliknya, lakukanlah pengecekan pada Setting Level of Compression kamu.

Sebagai informasi, secara default Brotli mengatur tingkat kompresinya berada di level 11 atau level yang paling baik. Sehingga, tentunya membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengkompresi file. Kamu bisa sesuaikan level kompresi ini untuk hasil yang kamu inginkan.

3. Sudah Mendukung Penggunaan Berbagai Browser

Kini, hampir semua browser telah mendukung penggunaan algoritma kompresi dari Brotli ini. Tak hanya mulai dari browser untuk desktop, seperti Firefox dan Chrome. Namun, browser untuk platform mobile juga sudah support, seperti halnya Opera Mini.

BACA JUGA  Apakah Data Facebook Anda Bocor? Cek di Sini!

Jadi, Apa Keuntungannya Bagi Website Kamu?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemampuan kompresi yang baik dari Brotli ini akan membantu mendukung performa website kamu. Sehingga, file yang melewati proses kompresi ini akan menjadi lebih kecil lagi.

Hal tersebut pastinya akan menghemat banyak bandwidth data saat terjadi komunikasi data. Dengan demikian, bandwidth yang kecil akan membuat website mampu loading lebih cepat tanpa memakan waktu yang lebih lama.

Lantas, Mengapa Kecepatan Website Penting?

Kecepatan website sangat pentingi lantaran para pengunjung website tidak mau untuk menunggu lebih lama. Dari hasil survey, menunjukkan bahwa pengunjung hanya bersedia menunggu selama 3 detik sebelum memutuskan untuk beralih ke website lainnya.

Selain itu, website yang lambat hanya akan menyebabkan kamu kehilangan kesempatan untuk menjual produk yang lebih banyak lagi. Bahkan, menurut sebuah data, adanya delay loading page selama 1 detik saja bisa menurunkan conversation rate hingga 7% lho!

Seperti yang kamu ketahui kompresi Brotli adalah teknik kompresi yang dilakukan supaya performa website dapat berjalan lebih optimal. Jadi, dengan penggunaan kompresi Brotli ini, semua dampak negatif yang merugikan di atas dapat kamu hindari.

Facebook Comments

Artikulli paraprakSafira Rilis I Wanna Be Loved, Ajak Berbagi Kebahagiaan
Artikulli tjetërPesulap Merah Disebut MUI Sebagai Pemecah Belah Umat, Netizen: Berarti MUI Halalkan Perdukunan