Iklan
Iklan

Beberapa Alat Tes Kesuburan yang Paling Akurat

- Advertisement -
Beberapa Alat Tes Kesuburan yang Paling Akurat.

Alat tes kesuburan bisa digunakan untuk mengetahui masa subur seorang wanita dengan cepat dan akurat. Alat ini dapat membantu meningkatkan peluang hamil sehingga bisa diandalkan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Masa subur atau masa ovulasi pada wanita adalah waktu ketika sel telur yang telah matang siap dibuahi oleh sperma. Pada masa tersebut, wanita memiliki peluang lebih besar untuk hamil. Oleh karena itu, jadwal masa subur wanita penting untuk diketahui, terutama bagi pasangan yang menjalani program hamil.

Anda bisa menggunakan alat tes kesuburan untuk mendeteksi masa subur Anda secara akurat. Selain akurat, alat ini juga mudah untuk digunakan dan dapat memberikan hasil yang sangat cepat, yaitu hanya dalam beberapa menit.

Pilihan Alat Tes Kesuburan Paling Akurat untuk Mendeteksi Masa Subur

Alat tes kesuburan bekerja dengan cara mendeteksi kadar luteinizing hormone (LH) dalam urine. Apabila kadar hormon LH terdeteksi mengalami peningkatan, pelepasan sel telur kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Agar lebih efisien, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perkiraan masa ovulasi. Umumnya, masa ovulasi wanita terjadi pada hari ke-14 setelah hari pertama menstruasi. Alat tes masa subur bisa digunakan setiap hari selama 3–5 hari sebelum perkiraan masa ovulasi terjadi.

Berikut ini adalah rekomendasi merek alat tes kesuburan yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi masa subur:

Andalan Ovulation Test

Andalan Ovulation Test merupakan alat tes kesuburan berbentuk cassette sekali pakai. Hasil tes Andalan Ovulation Test juga bisa dibaca hanya dalam waktu 1 menit. Alat ini praktis untuk digunakan. Cukup letakkan cassette di tempat yang datar, lalu beri 3 tetes urine ke dalam lubang sampel menggunakan pipet yang telah disediakan.

Hasil Andalan Ovulation Test akan muncul dalam 3–10 menit. Hasil tes dikatakan positif atau sudah dekat masa subur jika garis Test Line (T) warnanya sama dengan garis Control Line (C) atau lebih gelap. Sebaliknya, hasil tes dikatakan negatif atau tidak dalam masa subur jika hanya muncul satu garis merah.

Ovutest Strip Uji Ovulasi

Ovutest Strip Uji Ovulasi adalah alat tes masa subur berbentuk strip yang praktis dan sangat mudah untuk digunakan.

Caranya, pegang ujung strip yang berwarna biru, lalu celupkan selama 5 detik ke dalam urine yang telah ditampung di wadah bersih. Jangan mencelupkan strip melebihi batas maksimal (MAX) yang tertera. Letakkan alat tes di bidang datar dan kering, lalu baca hasilnya dalam 5-10 menit.

Garis hasil yang muncul dalam warna lebih gelap daripada garis kontrol menunjukkan hasil positif. Namun, jika garis hasil muncul dalam warna yang lebih muda atau pudar dibanding garis kontrol, hasil menunjukkan negatif.

Anda dianjurkan untuk menggunakan alat tes kesuburan pada jam yang sama setiap harinya, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 8 malam. Agar mendapatkan hasil yang akurat, jangan gunakan urine pertama pada pagi hari, karena kadar hormon LH sangat rendah pada waktu tersebut.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak makan dan minum selama 2 jam, serta menahan buang air kecil setidaknya 4 jam sebelum menggunakan alat tes kesuburan.

Jika hasil tes positif, Anda dan pasangan dianjurkan untuk berhubungan intim 24–48 jam setelah tes dilakukan. Waktu-waktu ini memiliki peluang kehamilan yang lebih besar.

Jika hasil negatif, bisa jadi masa subur Anda bergeser. Namun, jika alat tes kesuburan terus menunjukkan hasil negatif selama beberapa bulan, mungkin terdapat kesalahan dalam menghitung perkiraan masa ovulasi, terutama apabila siklus haidnya memang tidak teratur. Periksakan diri ke dokter jika mengalami hal tersebut selama beberapa bulan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA