Beranda INFO SEHAT Cara Alami Menjaga Sistem Imun Tubuh Anda

Cara Alami Menjaga Sistem Imun Tubuh Anda

Sistem Imun
Sistem imun memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika sistem imun lemah, tubuh lebih berisiko terserang dan terinfeksi berbagai penyakit. Oleh karena itu, kekuatan sistem imun tubuh perlu dijaga dengan baik.

Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh yang berperan untuk mengenali dan melawan serangan virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit. Sistem imun terdiri dari beberapa komponen, antara lain sel darah putih dan kelenjar getah bening.

Daya tahan tubuh bisa melemah karena berbagai hal, seperti penuaan, kurang gizi, konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, kurang istirahat dan olahraga, stres berlebihan, serta efek samping obat-obatan tertentu.

Lemahnya sistem imun akan membuat tubuh lebih mudah terinfeksi dan terserang penyakit, termasuk COVID-19. Jadi, agar kondisi kesehatan tubuh tetap prima, sistem imunitas perlu dijaga dengan baik.

Cara Alami Menjaga Sistem Imun Tubuh

Menjaga sistem imun tubuh sebenarnya tidak sulit, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga kesehatan mental. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan agar sistem imun tetap kuat:

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan langkah utama untuk menjaga imunitas tubuh. Contoh makanan bergizi yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut, telur, dan susu serta produk olahannya, seperti keju dan yoghurt.

Makanan tersebut menyediakan beragam nutrisi yang dapat memperkuat imunitas tubuh, seperti protein, antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, folat, zat besi, selenium, tembaga, dan seng.

2. Istirahat yang cukup

Anda tidak boleh menyelepekan waktu istirahat. Pasalnya, kurang istirahat terbukti dapat menimbulkan banyak dampak buruk bagi kesehatan, termasuk melemahnya imunitas tubuh yang membuat Anda jadi lebih mudah sakit.

BACA JUGA  Inilah Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Oleh karena itu, pastikan Anda tidur dengan cukup setiap hari. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7–9 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak dan remaja perlu tidur selama 8–10 jam per hari.

3. Olahraga yang rutin

Di tengah padatnya aktivitas, sisihkan waktu Anda untuk berolahraga. Selain memperkuat daya tahan tubuh, rutin berolahraga dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak, dan menjaga berat badan ideal.

Anda bebas memilih jenis olahraga apa saja yang disukai, asalkan dilakukan dengan rutin, yaitu selama 30 menit setiap harinya. Sebisa mungkin pilihlah tempat yang sepi dan tidak berkerumun saat olahraga selama pandemi. Hal ini penting untuk mencegah penularan COVID-19.

4. Kelola stres dengan baik

Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, stres yang berkepanjangan juga dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga jadi rentan sakit. Oleh karena itu, kelola stres dengan baik, agar imunitas tubuh Anda tetap kuat dan Anda pun bisa terhindar dari gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Selain menerapkan pola hidup sehat, stres bisa dikendalikan dengan cara mendengarkan musik, bersilaturahmi dengan teman dan keluarga, melakukan meditasi, atau sekadar melakukan hobi. Agar lebih aman, lakukanlah silaturahmi secara daring atau video call selama pandemi COVID-19 masih berlangsung.

5. Jauhi rokok, minuman beralkohol, dan obat-obatan terlarang

Berbagai kebiasaan buruk, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan menggunakan obat-obatan terlarang, juga bisa menjadi penyebab melemahnya sistem imun tubuh. Oleh karena itu, mulai saat ini, jauhilah kebiasaan buruk tersebut untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Bahan Alami untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

Selain menerapkan kebiasaan di atas, imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang diketahui dapat memperkuat daya tahan tubuh adalah:

BACA JUGA  Inilah Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Anda

Gardenia jasminoides

Di Indonesia, tanaman ini disebut kacapiring. Tanaman herbal ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan penyakit.

Commiphora myrrha atau minyak mur

Tumbuhan herba ini memiliki sifat antibakteri, antiimflamasi, dan antioksidan. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan imunitas tubuh agar lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.

Boswellia serrata

Tanaman yang bernama lain pohon kemenyan India ini mengandung zat antiradang dan antioksidan. Tumbuhan herba ini juga bisa membantu memperkuat kinerja sistem imun tubuh.

Foenicullum vulgarae

Di Indonesia, tumbuhan ini disebut juga sebagai adas. Tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ini memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Daucus carota atau wortel

Sayuran ini mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, beta karoten, dan antioksidan, yang baik untuk mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan penyakit.

Saat ini, kelima bahan herbal tersebut tengah diuji pada sejumlah pasien COVID-19 di beberapa fasilitas kesehatan di Indonesia dengan pengawasan dari BPOM RI. Dari beberapa data yang telah terkumpul sejauh ini, kelima bahan herbal tersebut diketahui dapat membantu mempercepat pemulihan pada pasien COVID-19.

Meski begitu, pengujian tersebut baru sebatas uji interim dan harus menunggu hasil akhir uji klinis untuk memastikan efektivitasnya sebagai pengobatan tambahan untuk COVID-19. Oleh karena itu, untuk mengobati COVID-19, Anda perlu mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter.

Yuk, jaga sistem imum Anda agar terhindar dari penyakit, khusunya COVID-19.. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan langkah pencegahan penularan COVID-19 dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, mendapatkan vaksinasi COVID-19, dan menghindari keramaian.

BACA JUGA  Kunyit Hitam Ternyata Memiliki 5 Manfaat bagi Kesehatan

Dengan rutin menjalani gaya hidup sehat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, risiko Anda dan orang-orang di sekitar untuk tertular COVID-19 bisa diminimalkan. Bila asupan nutrisi dari makanan saja tidak cukup, Anda juga bisa memperkuat imunitas tubuh dengan mengonsumsi suplemen untuk mencegah penularan COVID-19.

Namun, jika Anda memiliki penyakit tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen atau obat untuk memperkuat imunitas tubuh, ya. Hal ini penting untuk memastikan efektivitas dan keamanan suplemen yang hendak Anda konsumsi.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCasio Melansir Jam Tangan Digital PAC-MAN dengan Tampilan Menyenangkan dan Bergaya Retro
Artikel berikutnya6 Bahaya Makan Daging Sapi dan Kambing yang Perlu Anda Waspadai