Iklan
Iklan

Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Apel

- Advertisement -
Tak banyak yang tahu bahwa ada manfaat apel untuk asam lambung. Manfaat tersebut berasal dari berbagai kandungan nutrisi yang dapat menurunkan atau menetralkan asam. Ingin tahu apa saja nutrisi yang dimaksud dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Asam lambung naik atau GERD dapat memicu sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, keluhan lain seperti mulut terasa asam, mual, muntah, dan perut kembung, juga dapat muncul dan perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi asam lambung naik, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi apel.

Apel dipercaya bisa mengatasi GERD karena di dalamnya terdapat serat larut bernama pektin. Jenis serat ini bisa membuat Anda merasa cepat kenyang dan tidak makan secara berlebihan atau terlalu cepat.

Selain itu, apel juga mengandung kalsium, magnesium, dan kalium. Ketiga mineral ini dipercaya dapat menetralkan asam, sehingga bisa meredakan gejala GERD naik.

Guna mendapatkan manfaat apel untuk GERD, sebaiknya konsumsi apel merah karena memiliki cita rasa manis dan tidak asam. Pasalnya, konsumsi makanan asam justru bisa memperparah gejala GERD.

Anda juga dianjurkan untuk mengubah kebiasaan makan. Caranya adalah dengan makan dengan porsi kecil tapi sering dan secara perlahan agar keluhan GERD naik tidak semakin memburuk.

Selanjutnya, hindari konsumsi makanan penyebab GERD naik, seperti makanan berlemak, pedas, dan asam, atau makanan cepat saji sehingga gejala asam lambung naik bisa segera membaik.

Pilihan Buah Lain yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Manfaat apel untuk asam lambung juga bisa diperoleh dari buah lain, di antaranya:

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah untuk GERD. Ini karena dalam pisang terdapat kalium yang berfungsi untuk menetralkan asam. Buah ini juga mengandung serat larut yang baik untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna.

2. Alpukat

Buah alpukat rendah asam dan memiliki tekstur yang lembut, sehingga konsumsinya tidak mengiritasi kerongkongan dan lambung. Di dalam alpukat juga terdapat kalsium, kalium, dan magnesium yang diketahui dapat menetralkan GERD.

3. Semangka

Semangka aman dikonsumsi penderita GERD karena rendah kandungan asam. Di dalam semangka justru terkandung banyak air, sehingga mampu menjaga kesehatan saluran cerna dan memperbaiki kondisi asam lambung naik.

4. Pepaya

Dalam pepaya terdapat enzim papain. Enzim ini diyakini efektif meredakan gejala asam lambung naik yang dialami penderita penyakit GERD.

Selain buah yang telah disebutkan di atas, buah lain yang bisa menurunkan asam lambung meliputi melon, persik, dan pir. Meski begitu, konsumsi buah-buahan ini tetap perlu dibatasi dan dan jangan dijadikan sebagai pengobatan utama untuk mengatasi penyakit GERD.

Jika mengonsumsi apel untuk asam lambung tidak juga membantu meredakan gejala dan keluhan asam lambung yang Anda alami tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA