Iklan
Iklan

Firman Noor Prediksi Dinamika Politik 2022 Stabil

- Advertisement -
Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor memberikan prediksi, bahwa dinamika politik Indonesia cenderung stabil pada tahun 2022. 

“Stabilitas politik ini dibutuhkan oleh partai-partai politik agar mereka bisa dengan nyaman aktivitasnya terkait dengan pendaftaran yang akan dilakukan pada bulan Agustus ini,” kata Firman Noor dalam diskusi publik bertajuk Indonesia Political Outlook: Proyeksi Demokrasi dan Dinamika Politik 2022 melalui kanal YouTube Pusat Riset Politik-BRIN, dilansir dari Republika.co.id, Rabu (2/2).

Menurut Firman Noor, kondisi politik akan stabil melihat kebutuhan berbagai partai politik, mereka akan cenderung menjaga stabilitas guna mengamankan manuver dari masing-masing pihak dalam rangka menuju Pemilu 2024.

“Situasi yang tidak stabil ini tidak diinginkan oleh kebanyakan elemen politik di Indonesia. Jadi, secara umum, kelihatannya politik Indonesia akan stabil,” katanya.

Namun, menurutnya, di tingkat akar rumput, situasi perpolitikan Indonesia akan diwarnai oleh situasi saling berbalas ‘pantun’ antara pihak yang pro dengan pemerintah, serta pihak yang kritis dengan kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Sayangnya isu-isu yang berkembang di kalangan mereka adalah masalah ujaran kebencian, toleransi, dan lain sebagainya,” katanya.

Firman menilai, secara umum pada tahun 2022 Indonesia akan memiliki pemerintahan yang kuat. Namun, situasi demokrasi akan cenderung stagnan.

“Memang demokrasi masih mendapat dukungan mayoritas. Beberapa riset menunjukkan itu. Namun, hubungan eksekutif dan legislatif tidak seimbang. Hanya 104 dari 575 anggota dewan yang memosisikan diri sebagai oposisi,” katanya.

Firman menambahkan, kesenjangan tersebut cenderung mengakibatkan pemerintahan yang executive heavy atau kekuasaan didominasi oleh pihak eksekutif. Oleh karena itu, dia berharap agar ke depannya fungsi checks and balances dapat berjalan dengan lebih baik dan sebagaimana mestinya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA