Beranda INFO SEHAT FKM UI Gelar Seminar Online “Artificial Intelligence Sebagai Pendukung Sumber Daya Kesehatan”

FKM UI Gelar Seminar Online “Artificial Intelligence Sebagai Pendukung Sumber Daya Kesehatan”

FKM UI
Foto : Istimewa
Mahasiswa Pascasarjana FKM UI mengelar seminar Online pada Selasa 12 April 2022.

Seminar Online FKM UI ini bertema “Artificial Intelligence Sebagai Pendukung Sumber Daya Kesehatan”.

Acara seminar FKM UI ini dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di Youtube FKM UI.

FKM UI
Foto : Istimewa

Bahasan tema seminar yang digelar FKM UI mengenai dipaparkan bahwa dalam pelayanan kesehatan, terutama di rumah sakit, AI menjadi inovasi yang sangat penting.

Di Eropa dan sebagian besar wilayah di dunia, pemanfaatan teknologi ini sudah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir serta sebagian besar wilayah di dunia.

Potensi Artificial Intelligence (AI) di dunia kesehatan mewujudkan paradigma baru bagi tenaga kesehatan, peneliti, maupun masyarakat.

FKM UI
Foto : Istimewa

Pemanfaatan teknologi ini meningkatkan keberhasilan dari berbagai metode pengobatan dalam 10 tahun terakhir dan angka harapan hidup.

Namun selain manfaat tersebut, ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya seperti kekurangan jumlah dokter, perawat dan tenaga medis terlatih lainnya.

Semakin kompleks masalah medis dan tenaga medis spesialistik yang seringkali tidak dapat dihadirkan di rumah sakit wilayah tertentu dapat menjadi masalah yang penting.

FKM UI
Foto : Istimewa

Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu solusi untuk mengurangi peningkatan beban kerja dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk menghasilkan layanan kesehatan yang efisien, efektif, dan berkualitas. Aplikasi artificial intelligence (AI) dapat berkontribusi untuk melawan pandemi seperti COVID-19 sehingga mampu membantu rumah sakit lebih fokus terhadap sumber daya dalam pengobatan pasien dalam situasi pandemi.

Kemampuan adaptasi dan agility pada rumah sakit adalah sebuah prasyarat untuk mengoptimalkan aplikasi ini.

Aplikasi artificial intelligence (AI) harus tertuju pada analisis, diagnosis, dan tatalaksana tanpa kontak langsung, menurunkan angka kontak tenaga kesehatan dengan pasien, dan mengurangi kunjungan rumah sakit secara langsung sehingga menurunkan potensi penyebaran dari COVID-19 dan atau virus pandemi lain.

BACA JUGA  Puasa di Bulan Ramadhan Tidak Akan Turunnya Performa Logika dan Stamina Anda
FKM UI
Foto : Istimewa

Seminar Online seri ke 8 ini dimulai pada pukul 09.00 – 13.00 WIB Dengan paparan  Materi :

1. “Peran Artificial Intelligence dalam Menunjang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Patient Safety” oleh dr. Nico A. Lumenta, K. Nefro, M.M., MH.Kes, FISQua (Ketua IKPRS PERSI)

2. “Kesiapan Rumah Sakit di Indonesia dalam Melaksanakan Penerapan Artificial Intelligence (AI)” oleh dr. Agus Mutamakin, M.Sc (RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo)

3. “Artificial Intelligence dalam Pelayanan Kesehatan: Seberapa Manfaatnya pada Penatalaksanan Pasien.” oleh dr. Ditia Gilang Shah Putra Rahim, SpA (Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pelni)

4. “Artificial Intelligence dalam Pelayanan Kesehatan: Seberapa Manfaatnya pada Manajemen RS di Rumah Sakit Kepulauan: Tantangan dan Harapan” oleh dr. Johan Salim (Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Kepulauan Seribu)

5. “Pandangan tentang Penerapan Artificial Intelligence (AI) di Rumah Sakit Swasta di Indonesia” oleh Sdr. Awaludin ST (Direktur Komersil RS MMC). (EH).

 

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakBerhenti Merokok Solusi Menyelamatkan Masa Depan Keluarga Anda
Artikulli tjetërX Factor Indonesia 2021, The Final Countdown dan Result Show