Beranda INFO SEHAT Inilah 5 Cara Bersihkan Karang Gigi Sendiri

Inilah 5 Cara Bersihkan Karang Gigi Sendiri

Bersihkan Karang
Karang gigi yang menumpuk dapat memengaruhi kesehatan gigi dan gusi. Oleh karena itu, beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri perlu Anda ketahui sebelum karang gigi menjadi terlalu keras dan tebal, yang dapat memicu penyakit gusi ataupun bau mulut.

Karang gigi adalah lapisan keras di bagian luar gigi, tepatnya di bawah garis gusi, yang merupakan akumulasi dari plak yang tidak dibersihkan dengan benar.

Plak gigi sendiri adalah lapisan lengket, terbentuk dari bakteri dan makanan berpati maupun manis, yang terus-menerus terbentuk pada gigi. Bakteri tersebut akan menghasilkan asam setelah Anda makan atau minum.

Asam yang dihasilkan dari plak gigi bisa merusak email gigi bahkan menyebabkan gigi berlubang. Jadi, jika plak gigi mengeras hingga membentuk karang gigi, risiko terjadinya kerusakan gigi juga akan semakin meningkat.

Meski pembersihan karang gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi dengan alat khusus, Anda dapat mencegahnya semakin tebal dan keras dengan melakukan beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Untuk mencegah gangguan pada gigi dan mulut, beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri dapat membantu menghilangkan plak. Namun perlu diingat, pembersihan karang gigi yang paling efektif hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan karang gigi sendiri:

1. Sikatlah gigi menggunakan sikat dan pasta gigi khusus

Menyikat gigi adalah sebuah rutinitas yang wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari selama 2 menit. Sebagai cara membersihkan karang gigi sendiri, sikatlah gigi menggunakan sikat gigi kecil berbulu lembut yang mampu menjangkau seluruh bagian mulut, termasuk gigi geraham belakang.

Anda juga disarankan untuk menggunakan sikat gigi elektrik, karena diduga lebih baik dalam membersihkan plak gigi dibandingkan sikat gigi manual.

BACA JUGA  Entrasol Ajak Tumbuhkan Kesadaran Melindungi Tulang Sejak Dini 

Selain sikat gigi, pilihlah juga pasta gigi dengan fluoride dan triclosan yang diformulasikan khusus untuk mengontrol pembentukan karang gigi.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa pasta gigi dengan kandungan bahan aktif ini terbukti efektif dalam membersihkan plak gigi dan mencegah karang gigi semakin tebal.

2. Bersihkan gigi dengan benang gigi

Tak hanya menyikat gigi, Anda juga sebaiknya menggunakan benang gigi (dental floss) minimal sekali sehari untuk membersihkan kotoran hingga ke sela-sela gigi. Sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri, kebiasaan ini dapat membantu menghilangkan plak gigi.

Perlu Anda ketahui, plak gigi tidak bisa hilang sendiri, sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya.

3. Gunakan obat kumur antiseptik

Rutin membersihkan mulut dengan obat kumur bisa menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi sendiri. Hal ini karena obat kumur antiseptik mengandung bahan yang dapat melawan bakteri penyebab plak dan mencegah karang gigi, seperti cetylpyridium, chlorhexidine, dan beberapa jenis minyak atsiri.

4. Konsumsi suplemen

Cara membersihkan karang gigi sendiri lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, kurkumin, atau teh hijau. Ketiganya memiliki manfaat untuk mengurangi plak gigi, sehingga dapat mencegah penumpukan karang gigi.

5. Kunyahlah permen karet bebas gula

Jika tidak sempat untuk menyikat gigi setelah makan, kunyahlah permen karet bebas gula untuk mencegah bakteri penyebab plak gigi yang memicu karang gigi. Jadi, selalu sedia permen karet bebas gula di mana pun Anda berada, terutama jika sedang berada di acara penting seperti makan malam.

Membersihkan karang gigi sangatlah penting demi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Jika dibiarkan begitu saja, karang gigi yang menebal dapat menyebabkan bau mulut (halitosis), gusi turun, radang gusi, gigi berlubang, bahkan gigi tanggal.

BACA JUGA  7 Penyebab Gairah Seksual Menurun pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Anda dapat melakukan berbagai cara membersihkan karang gigi sendiri seperti yang telah disebutkan di atas sebagai langkah awal untuk mengurangi plak gigi. Selain itu, Anda juga sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, serta sikatlah gigi setiap selesai makan, baik hanya makan cemilan maupun makan berat.

Meski dapat dicegah, karang gigi hanya bisa dibersihkan dengan optimal menggunakan alat khusus dan dilakukan oleh dokter gigi. Jadi, jika Anda memiliki karang gigi, terlebih yang sangat tebal dan hampir menyelimuti bagian terluar gigi, sebaiknya kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menemui dokter gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk pembersihan dan pemeriksaan gigi secara menyeluruh. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari penyakit gigi dan gusi.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakAmien Rais Tegaskan Rezim Jokowi-Luhut Harus Letakkan Jabatan Oktober 2024
Artikulli tjetërCara Ajakan Sedekah Yusuf Mansur Dapat Sindiran Pedas dari Aa Gym