Beranda INFO SEHAT Inilah 6 Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

Inilah 6 Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

Makanan
Mengonsumsi makanan pembersih paru-paru bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti berhenti merokok dan rajin berolahraga.

Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pernapasan, yakni sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk dilakukan.

Salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi berbagai makanan pembersih paru-paru.

Beragam Jenis Makanan Pembersih Paru-Paru

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pembersih paru-paru yang bisa Anda konsumsi:

1. Buah-buahan

Berbagai macam buah-buahan, seperti apel, jeruk, bit, dan buah beri, bisa menjadi pilihan makanan pembersih paru-paru. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi penting, seperti nitrat, kalium, vitamin C, flavonoid, beta karoten, lutein, serta berbagai macam antosianin, yang baik untuk paru-paru.

Selain dapat membersihkan paru-paru, beragam nutrisi tersebut juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah, memaksimalkan penyerapan oksigen, menurunkan risiko terserang asma, serta menurunkan risiko terkena kanker paru.

2. Sayur-sayuran

Beragam sayuran, seperti paprika, kol merah, dan tomat, juga diduga bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru. Sayuran tersebut mengandung vitamin C, likopen, antosianin, serat, dan magnesium yang dipercaya dapat membantu membersihkan paru-paru.

Berbagai nutrisi tersebut juga diduga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama jika Anda pernah atau memiliki kebiasaan merokok.

3. Kacang-kacangan

Kacang edamame, kacang brazil, kacang almond, dan kacang mete adalah pilihan kacang-kacangan yang bisa dijadikan sebagai makanan pembersih paru-paru.

Kacang-kacangan tersebut diketahui mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan paru-paru, seperti isoflavon, selenium, dan magnesium.

BACA JUGA  Inilah Beda Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa

4. Kunyit

Salah satu rempah yang bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pembersih paru-paru adalah kunyit. Kunyit diketahui mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Senyawa tersebut dipercaya dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Penelitian bahkan menunjukkan adanya peningkatan fungsi paru-paru sebesar 9% pada perokok yang mengonsumsi kurkumin.

5. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju, mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan selenium yang diketahui mampu membantu membersihkan paru-paru. Nutrisi-nutrisi tersebut juga dipercaya dapat menjaga kesehatan dan fungsi paru.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalam susu juga diduga dapat menurunkan risiko terserang penyakit paru obstruktif kronis. Oleh karena itu, susu dan produk olahannya bisa dijadikan pilihan makanan pembersih paru-paru.

6. Makanan laut

Beberapa makanan laut, seperti ikan teri dan tiram, mengandung zinc, selenium, kalsium, zat besi, tembaga, dan vitamin B. Selain membantu membersihkan paru-paru, berbagai nutrisi tersebut juga dapat mengurangi gejala asma dan menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis.

Namun, manfaat berbagai makanan di atas untuk membersihkan paru-paru masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Upaya Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Agar paru-paru Anda dapat berfungsi dengan optimal, Anda bisa menjaga kesehatan paru-paru dengan menerapkan beberapa upaya berikut:

  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Meminimalkan paparan polusi udara dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan
  • Melakukan olahraga yang baik untuk kesehatan paru-paru, seperti jalan, lari, atau lompat tali
  • Mengurangi penggunaan pewangi ruangan
  • Menggunakan air purirfier, jika memungkinkan
  • Mengganti fiter udara pada AC secara rutin

Beberapa orang mungkin kerap mengabaikan kesehatan paru-paru. Padahal, salah satu organ vital pada tubuh manusia ini memiliki peran yang sangat penting dalam peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Jika Anda merasakan berbagai keluhan pada paru-paru, seperti sesak napas, napas berbunyi (mengi), dada terasa sesak, dan batuk, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakTragedi Johar Baru, Bangunan 3 Lantai Ambruk 1 Orang Dinyatakan Tewas
Artikulli tjetërKhasiat Kunyit untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya