Beranda INFO SEHAT Inilah Bahaya Kafein Bagi Penderita Diabetes

Inilah Bahaya Kafein Bagi Penderita Diabetes

Kafein
Bahaya kafein pada penderita diabetes hingga kini masih menjadi perdebatan. Ada pendapat yang menyebutkan bahwa kafein tidak baik bagi penderita diabetes. Namun, ada pula yang membantah anggapan tersebut.

Kafein adalah salah satu kandungan yang terdapat di dalam kopi dan teh. Kafein sering kali dikonsumsi karena dapat merangsang otak serta membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih fokus dan mudah konsentrasi. Kafein pun umum dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah dan mengantuk.

Meski demikian, orang yang menderita penyakit tertentu, seperti diabetes tipe 2, mungkin tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengonsumsi kopi karena risiko efek samping yang mungkin muncul.

Dampak Negatif dan Positif Kafein bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah dampak negatif dan positif dari konsumsi kopi bagi penderita diabetes tipe 2:

Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih dalam sehari, dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini disebabkan oleh efek kopi yang diduga dapat mengganggu kinerja hormon insulin, sehingga membuat penderita diabetes lebih sulit mengontrol kadar gula darahnya.

Jika penderita diabetes terus mengonsumsi kopi, hal ini dikhawatirkan dapat membuat gula darah semakin sulit terkontrol sehingga meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan ginjal. Meski demikian, bahaya kopi bagi penderita diabetes ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Di sisi lain, minuman berkafein seperti kopi dan teh juga mengandung polifenol. Zat ini merupakan antioksidan yang baik bagi penderita diabetes. Polifenol diketahui dapat mengurangi risiko diabetes pada orang sehat serta mencegah peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Zat antioksidan tersebut juga baik untuk memelihara kesehatan sel dan jaringan tubuh dari efek radikal bebas.

BACA JUGA  Terungkap Ini Alasan Wulan Guritno Terbiasa Olah Raga

Efek kopi pada penderita diabetes memang masih menjadi kontroversi. Namun, jika Anda memiliki penyakit diabetes dan suka mengonsumsi kafein, cobalah untuk membatasinya.

Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 2 cangkir per hari dan teh lebih dari 3 cangkir per hari. Saat mengonsumsi minuman tersebut, Anda juga sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak gula.

Apabila masih ragu atau khawatir dengan bahaya kopi terhadap penyakit diabetes, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Selain membatasi asupan kopi, jangan lupa pula untuk rutin berolahraga, menjalani pola makan sehat, dan mengonsumsi obat antidiabetes sesuai petunjuk dokter untuk mengontrol penyakit diabetes yang Anda derita.

Source: alodokter

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKanker Lidah Ternyata Bisa Menyerang Tubuh yang Sehat
Artikel berikutnyaBaru Saja Menikah, Vicky Prasetyo Sebut Kalina Hamil