Beranda INFO SEHAT Inilah Manfaat Kacang Hijau Bagi Penderita Asam Lambung

Inilah Manfaat Kacang Hijau Bagi Penderita Asam Lambung

Manfaat Kacang Hijau
Manfaat kacang hijau untuk asam lambung adalah berkat berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya. Jika Anda menderita asam lambung dan gejalanya sering kambuh, kacang satu ini bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk mengontrol gejala asam lambung naik.

Selain rasanya lezat dan harganya murah, kacang hijau dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui penting untuk kesehatan pencernaan, termasuk lambung. Meski begitu, efektivitasnya dalam mengatasi gejala asam lambung masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Sebelum mengetahui manfaat kacang hijau untuk asam lambung, mari kenali lebih dahulu berbagai kandungan gizi di dalamnya. Dalam 1 cangkir atau 200 gram kacang hijau rebus terdapat 200 kalori dan berbagai nutrisi penting lain, seperti:

  • 1 gram lemak
  • 15 gram protein
  • 39 gram karbohidrat
  • 15 gram serat
  • 530 mg kalium

Selain itu, kacang hijau juga kaya akan folat, mangan, vitamin B kompleks, serta antioksidan yang meliputi asam fenolik, flavonoid, caffeic acid, dan asam sinamat.

Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kacang hijau termasuk makanan yang ramah bagi penderita asam lambung, karena kandungan nutrisinya melimpah tapi rendah lemak. Pasalnya, makanan yang tinggi lemak justru bisa memicu atau memperburuk gejala asam lambung naik.

Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Jenis karbohidrat ini juga mudah dicerna, sehingga dapat mencegah perut kembung.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung beragam jenis antioksidan yang telah disebutkan sebelumnya. Zat dalam makanan ini diketahui penting untuk meredakan peradangan yang muncul akibat produksi asam lambung berlebih.

Semua manfaat ini menjadikan kacang hijau baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung atau GERD untuk mengontrol gejala yang muncul, seperti rasa terbakar di dada, sakit perut bagian kiri atas, dan perut kembung.

BACA JUGA  Aktor Aliando Syarief Idap Penyakit OCD, Ternyata Ini Penyebabnya

Cara Mendapatkan Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Cara mendapatkan manfaat kacang hijau untuk asam lambung cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan dan merebus kacang hijau hingga teksturnya empuk, selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur atau jus.

Namun, agar manfaat kacang hijau untuk meredakan asam lambung bisa diperoleh, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kacang hijau dengan santan maupun gula yang berlebihan. Keduanya justru bisa memperburuk gejala asam lambung naik.

Perlu diingat, cara mencuci kacang hijau pun perlu diperhatikan. Kacang hijau termasuk jenis kacang kecambah yang harus dibersikan dengan benar untuk menghindari infeksi kuman, misalnya bakteri Salmonella dan Escherichia coli. Infeksi bakteri tersebut jutsru bisa menyebabkan diare, mual, dan kram perut.

Meski jarang menimbulkan alergi, orang yang alergi kacang atau kedelai bisa jadi alergi juga terhadap kacang hijau. Jadi, Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap jenis kacang lainnya, tidak dianjurkan mengonsumsi kacang hijau.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat kacang hijau untuk asam lambung atau ingin mengetahui seputar pola makan yang tepat untuk meredakan atau mencegah gejala asam lambung kambuh, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Facebook Comments

Artikulli paraprakTernak Warga di Agam Dimangsa Harimau
Artikulli tjetërPakuwon Indah Perkenalkan Kamar Bertema Bisnis Pertama di Surabaya