Beranda INFO SEHAT Joe Biden Kecam Trump Karena Tertundanya Distribusi Vaksin Covid-19

Joe Biden Kecam Trump Karena Tertundanya Distribusi Vaksin Covid-19

Biden
Presiden terpilih Joe Biden mengeluarkan kecaman terhadap Presiden Donald Trump terkait lambatnya distribusi dan administrasi vaksin Covid-19 , dengan mengatakan Amerika Serikat “tertinggal, jauh di belakang.”

Berdasarkan analisis NBC News , jika upaya vaksinasi berlanjut pada kecepatan saat ini, akan membutuhkan hampir 10 tahun untuk memvaksinasi cukup banyak orang Amerika untuk menghentikan pandemi.

“Seperti yang sudah lama saya takuti dan peringatkan, upaya untuk mendistribusikan dan mengelola vaksin tidak berjalan sebagaimana mestinya,” kata Biden dalam pidatonya.

“Beberapa minggu yang lalu, pemerintahan Trump menyarankan bahwa 20 juta orang Amerika dapat divaksinasi pada akhir Desember. Dengan hanya beberapa hari tersisa di bulan Desember, sejauh ini kami hanya memvaksinasi beberapa juta. Dan kecepatan program vaksinasi sedang bergerak sekarang, jika terus bergerak seperti sekarang, akan membutuhkan waktu bertahun-tahun, bukan bulan untuk memvaksinasi rakyat Amerika. ”

Menurut hitungan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, AS telah mendistribusikan 11,4 juta dosis pada hari Senin, tetapi hanya 2,1 juta vaksin yang benar-benar telah diberikan. Kecepatan itu jauh lebih lambat daripada 20 juta dosis yang diberikan pada akhir Desember yang dijanjikan oleh pemerintahan Trump sebagai bagian dari Operation Warp Speed.

CDC bahkan mengakui penundaan tersebut, dengan mengatakan, “Perbedaan besar antara jumlah dosis yang didistribusikan dan jumlah dosis yang diberikan diharapkan pada saat ini dalam program vaksinasi [Covid-19] karena beberapa faktor.”

Namun Biden berjanji, pihaknya akan meningkatkan kecepatan vaksinasi. “Administrasi Biden Harris tidak akan berusaha keras untuk memastikan orang mendapatkan vaksinasi,” katanya. “Saya telah menyusun tiga tantangan dalam 100 hari pertama kami. Salah satunya adalah memastikan bahwa 100 juta tembakan telah dilakukan pada akhir 100 hari pertama. Jika Kongres menyediakan dana, kami dapat memenuhi tujuan yang luar biasa ini. ”

BACA JUGA  Inilah Beda Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa

Salah satu alasan langkahnya jauh lebih lambat dari yang dijanjikan adalah sebagian besar pemerintah federal membiarkan negara bagian mengurus diri mereka sendiri saat memberikan vaksin. Trump bahkan banyak berkicau: “Pemerintah Federal telah mendistribusikan vaksin ke negara bagian. Sekarang terserah negara bagian untuk mengelola. Cepat bergerak! ” ia menulis .

Tetapi seperti yang dikatakan Dr. Leana Wen, mantan komisaris kesehatan Baltimore, kepada CNBC , negara bagian membutuhkan bimbingan dan sumber daya dari pemerintah federal untuk mengelola proses tersebut. “Ini memberi saya kilas balik dari semua masalah dalam pengujian,” katanya. “Tanggung jawab diberikan kepada penduduk setempat dan negara bagian, tetapi tidak ada sumber daya… untuk benar-benar sampai ke sana.”

Source: NBC News

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTubuh Dinar Candy Langsung Lemas, Saat Disuguhi Obat ke Minumannya
Artikel berikutnyaJustin Bieber Rilis Video baru ‘Anyone’ untuk Kick Off 2021