Iklan
Iklan

Kasus COVID-19 Terus Bertambah, Layanan Kesehatan dan 3T Ditingkatkan

- Advertisement -
Meskipun kasus harian saat ini mencapai 59.384 per hari Sabtu (19/2/2022), lebih tinggi dari puncak kasus harian Delta 56.757 tahun lalu, angka keterisian tempat tidur isolasi dan ICU COVID-19 secara nasional masih tetap terjaga.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan meski saat ini pasien yang dirawat di rumah sakit (RS) minim penambahan, namun pemerintah terus tingkatkan layanan kesehatan.

“Pemerintah harus terus melakukan upaya maksimal untuk menjaga ketahanan layanan kesehatan masyarakat di tengah naiknya kasus konfirmasi harian karena penyebaran varian Omicron di Indonesia,” kata Nadia, dilansir dari InfoPublik, Sabtu (19/2/2022).

Hingga pukul 17.30 WIB, kapasitas tempat tidur dan ruang isolasi berada di kisaran 37 persen, tidak mengalami perubahan dibanding Jumat, 18 Februari 2022.

Kapasitas tempat tidur ini masih dapat ditingkatkan menjadi 150 ribu tempat tidur isolasi dan Intensive Care Unit (ICU) jika diperlukan. Kondisi itu sangat jauh berbeda dibanding tahun lalu.

Selain memperkuat layanan kesehatan, pemerintah juga memperkuat upaya testing, tracing, dan treatment untuk menekan laju penyebaran virus COVID-19 yang didominasi varian Omicron yang diketahui penularannya lebih cepat dari varian sebelumnya.

Hingga Jumat (18/2/2022), testing spesimen dilakukan hingga sejumlah 520.663. Nadia mengatakan dengan testing spesimen, juga bisa turut melakukan pelacakan kontak erat atau tracing sehingga menahan laju penularan.

“Kami harapkan masyarakat untuk bersedia melakukan testing terutama bagi para kontak erat agar kita segera mengakhiri pandemi ini secara bersama-sama,” kata Nadia.

Ia juga mengatakan pemerintah juga terus mendorong laju vaksinasi sebagai pelindung tubuh dari risiko berat hingga kritis jika terpapar COVID-19.

Vaksinasi dosis 1 saat ini di posisi 91,01 persen dan dosis dua di posisi 67,2 persen. Angka ini naik dari posisi kemarin (18/2/2022) yakni, vaksinasi dosis 1 di posisi 90,95 persen dan vaksinasi dosis 2 di 67,03 persen.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA