Beranda INFO SEHAT Khasiat Ginseng Merah sebagai Adjuvan Vaksin Covid-19

Khasiat Ginseng Merah sebagai Adjuvan Vaksin Covid-19

Ginseng Merah
Ginseng Merah
Korean Ginseng Research Institute, baru-baru ini menerbitkan riset tentang “khasiat ginseng merah sebagai adjuvan vaksin” dan “khasiat yang mencegah kerusakan sistem pernapasan”.

Menurut riset ini, ginseng merah berpotensi menjadi adjuvan vaksin yang dapat meningkatkan khasiat vaksin.

Ringkasan temuan riset ini menunjukkan bahwa ginseng ini meningkatkan khasiat vaksin. Ketika vaksinasi dibarengi dengan konsumsi ginseng, khasiat antivirus menjadi lebih baik, dan kerusakan paru-paru akibat beragam virus dapat dicegah jika dibandingkan saat kita hanya mengandalkan vaksin.

Menurut riset ini, konsumsi ginseng merah bersamaan dengan penyuntikan vaksin virus korona mampu meningkatkan khasiat vaksin secara signifikan. Dengan demikian, ginseng ini berpotensi mempercepat kekebalan tubuh dari Covid-19.

Dalam makalah berjudul “Protective Effect of Korean Red Ginseng Extract on the Infections by H1N1 and H3N2 Influenza Viruses in Mice”, diterbitkan Journal of Medicinal Food, sebuah jurnal ilmiah internasional, pada 2012, sebuah riset membuktikan bahwa kelangsungan hidup tikus yang divaksinasi dan mengonsumsi konsentrat ginseng ini ternyata lebih tinggi ketimbang tikus yang hanya divaksinasi.

Setelah mengonsumsi konsentrat ginseng merah selama 14 hari, tikus lalu divaksinasi. Setelah terakhir kali mengonsumsi konsentrat ginseng ini, tikus terinfeksi virus influenza (H1N1, H3N2) dan diobservasi.

Hasilnya, setelah konsentrat ginseng merah dikonsumsi tikus, khasiat pertahanan tubuh terhadap virus menjadi lebih kuat, dan produksi zat penyebab peradangan akibat virus pada paru-paru berkurang.

Dalam makalah berjudul “Korean Red Ginseng enhances pneumococcal Δ pep27 vaccine efficacy by inhibiting reactive oxygen species production” yang diterbitkan Journal of Ginseng Research pada 2019, konsentrat ginseng merah juga dikonsumsi oleh tikus.

Setelah vaksinasi (Δ pep27) dan terinfeksi pneumococcus, konsentrat ginseng merah dapat meningkatkan pembentukan antibodi dan kelangsungan hidup tikus yang terinfeksi pneumococcus, serta mempersingkat waktu untuk imunisasi dengan menambah khasiat vaksin.

BACA JUGA  Bahaya Penggunaan Obat Tidur bagi Kesehatan

Korean Ginseng Research Institute berkata bahwa riset-riset ini membuktikan khasiat ginseng sebagai adjuvan vaksin dan mencegah kerusakan sistem pernapasan akibat beragam virus melalui uji klinis.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSHAREit Kini Jadi Penerbit Media Terbesar di Dunia bersama Google, Facebook, dan TikTok
Artikel berikutnyaMenatap Panorama New York City di SUMMIT One Vanderbilt