Iklan
Iklan

Masa Pensiun Digugat, Andika Perkasa Berpeluang Jabat Panglima TNI sampai 2024

- Advertisement -
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa disebut dapat menjabat sampai tahun 2024 jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terkait masa pensiun pada UU TNI. Gugatan itu berisi penyetaraan masa pensiun anggota TNI dengan Polri, yakni 58 tahun dan dapat diperpanjang hingga 60 tahun.

Lebih lanjut, merujuk UU TNI yang berlaku saat ini, Jenderal Andika Perkasa diketahui akan pensiun tahun ini. Sebagaii informasi, Jenderal Andika akan berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022.

“Iya betul, Jenderal Andika Perkasa bisa (menjabat sampai 2024), otomatis begitu ada perpanjangan masa jabatan sebagaimana konsekuensi dari UU TNI yang direvisi, kalau memang jadi,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi) Rizal Darma Putra, dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (8/2).

Meski demikian, Rizal mengingatkan perubahan masa pensiun tidak hanya berlaku bagi Andika. Rizal menilai, akan timbul banyak masalah jika MK mengabulkan gugatan itu.

Rizal menjelaskan saat ini banyak jenderal yang akan masuk masa pensiun. Jika aturan pensiun diubah, jenderal-jenderal itu akan melanjutkan kariernya hingga 2-3 tahun ke depan.

Pada saat yang sama, banyak anggota TNI berpangkat kolonel yang siap naik pangkat. Rizal menyebut karier para kolonel itu bisa terhambat karena jenderal-jenderal tidak jadi pensiun.

“Saya khawatir akan ada sejumlah jabatan sipil ditempati oleh TNI untuk mengakomodasi perwira-perwira tinggi yang belum usai jabatannya karena ada perpanjangan usia jabatan,” tutupnya.

Sebelumnya, sejumlah pensiunan TNI menggugat aturan pensiun dalam UU TNI. Mereka meminta MK untuk menyetarakan masa pensiun anggota TNI dengan anggota Polri.

Saat ini, anggota TNI Bintara dan Tamtama pensiun pada usia 53 tahun, sedangkan Perwira pensiun pada 58 tahun. Adapun seluruh anggota Polri pensiun pada usia 58 tahun dan bisa diperpanjang hingga 60 tahun.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA