Iklan
Iklan

Masihkah Rizieq Shihab Punya Pengaruh pada Pilpres 2024?

- Advertisement -
Habib Rizieq Shihab usai bebas dari penjara mencuri perhatian publik. Namun, pada Pilpres 2024 mendatang apakah Habib Rizieq masih berpengaruh?

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa punya penilaian tentang Rizieq Shihab. Dia mengatakan mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu masih punya pengaruh di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terutama pada segmentasi masyarakat tertentu.

“Misalnya kelompok Islam yang kontra terhadap rezim saat ini,” ujar Herry, Jumat (29/7/2022).

Sementara untuk peluang menjadi kandidat di Pilpres 2024 Herry mengatakan, jika potensi ceruk elektoral dari kelompok kontra pemerintah semakin besar bukan tidak mungkin implikasinya pada kemungkinan Rizieq memperoleh dukungan.

“Sejauh ini kan dari konfigurasi politik hanya dua parpol (partai politik) yang berada di luar Pemerintah ada PKS dan Demokrat,” ujarnya.

Namun menurut Herry, kecil kemungkinan Rizieq Shihab tidak mendapat dukungan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. “Prabowo saat ini adalah bagian dari pemerintah jadi tak bisa dipungkiri dia adalah bagian dari rezim penguasa,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno memprediksi jika Rizieq Shihab ditinggalkan oleh para elite politik yang pernah didukungnya saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2022.

Padahal para elite politik itu secara tidak langsung mendapatkan efek elektoral dari sosok Rizieq. Saat di dalam penjara, Adi melihat tidak ada elite politik yang nampak menjenguk Rizieq. Kondisi serupa terjadi ketika Rizieq sudah dinyatakan bebas beberapa hari lalu.

“Ataupun ketika pulang, ketika dibebaskan dari penjara nyaris tak ada sambutan yang hingar bingar dan meriah dari elite-elite bangsa yang dulu sempat didukung mendapatkan berkah elektoral dari HRS dan eks FPI itu,” kata Adi dalam diskusi bertajuk “Dinamika Peta Politik Setelah Habib Rizieq Shihab Bebas” secara daring, Selasa (26/7/2022).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA