Beranda GAYA HIDUP Model Hijab yang Dilarang dalam Islam

Model Hijab yang Dilarang dalam Islam

Semakin majunya zaman, ada berbagai hal yang beruba. Entah dari segi gaya berpakaian, kuliner hingga tempat tinggal. Namun, yang paling mendapat banyak perubahan antara ketiganya adalah gaya berpakaian.

Model Hijab
Gaya berpakaian ala budaya Barat ternyata juga berpengaruh terhadap busana muslim, termasuk model hijab. Kini hampir tiap perempuan menggunakan hijab bak ‘asal’ pakai tanpa mengetahui kesalahan pemakaiannya.

Maka, perlu ketahui apa saja model hijab yang dilarang dalam Islam agar tidak muncul kesalahan yang terus berlanjut.

1. Berhijab tapi memakai bahan yang tipis

Model Hijab

Terkadang beberapa perempuan lebih nyaman memakai model hijab dengan bahan tipis daripada tebal. Hal ini berkaitan dengan hawa panas yang ada di Indonesia.

Meskipun begitu, bukan tanpa alasan perempuan muslim boleh menggunakan hijab dengan bahan tipis bahkan transparan.

Logikanya, hijab tipis tidak terlalu menutupinya bagian kepala. Alhasil ini menjadi pemicu awal munculnya dosa dan hal-hal yang berpotensi maksiat.

2. Berhijab tapi mirip punuk unta

Model Hijab

Hingga saat ini kita masih sering melihat beberapa orang memakai hijabnya dengan sanggul tebal yang mirip dengan punuk unta.

Dalam salah satu hadis Rasulullah SAW melarang hal ini karena nantinya, orang yang menggunakan hijab seperti ini tidak akan mencium bau surga.

“Ada dua golongan ahli neraka yang aku belum pernah melihatnya. Pertama, golongan yang membawa cabuk seperti ekor sapi di mana dengan cambuk tersebut mereka mencambuki orang-orang. Kedua, golongan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, cenderung (tidak taat kepada Allas) dan mengajarkan orang lain untuk meniru perbuatan mereka. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring dan mereka tidak akan masuk surga, tidak mencium baunya. Padahal sungguh bau surga akan tercium dari jarak perjalanan seperti ini (jarak yang jauh).” (HR. Muslim)”

3. Berhijab tapi gaya dan desainnya mirip laki-laki

Model Hijab

Pernah melihat orang memakai hijab dengan gaya pocong? Semua bagian hijab terangkat ke atas hingga membentuk kumpulan kain kokoh?

BACA JUGA  Inilah Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Anda

Model hijab inilah yang menjadi larangan bagi perempuan muslim. Sebab, seharusnya hijab menutupi area dada bukan sebaliknya.

4. Berhijab tapi pakaian ketat atau sebaliknya

Model Hijab

Pada dasarnya tujuan perempuan berhijab untuk menutupi area dada, menghindari gangguan dan mengikuti perintah Allah swt.

Bahkan surat An-Nur dan Al-Ahzab pun sudah menjelaskan perihal ini. Namun, masih banyak orang yang memang memakai hijab tapi pakaiannya masih saja ketat.

Padahal, bagi perempuan muslim menjaga lekuk tubuh dan menutupi kulit perlu dilakukan agar terhindari dari godaan kaum adam atau laki-laki. Sayangnya, hal tersebut masih sukar dilaksanakan.

5. Berhijab tapi menyerupai perempuan selain muslimah

Model Hijab

Bukan hanya Islam yang mempunyai anjuran untuk memakai hijab, beberapa agama lain pun ada yang melakukan hal sama.

Akan tetapi, kebanyakan menggunakannya hanya sebagai penutup kepala saja. Oleh karena itu, sebagai perempuan muslimah sebaiknya kita memakai hijab dengan benar agar tak disangka mirip dengan agama lain.

Nah, itulah pembahasan mengenai model hijab yang dilarang dalam Islam. Perlu kamu ketahui bahwasannya mengikuti perintah Allah swt adalah mutlak dan wajib bagi seorang muslim dan muslimah.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaInilah Daftar Nama Bayi Laki-Laki Islami Bernuansa Al-Qur’an
Artikel berikutnyaManfaat Cuka Sari Apel untuk Menurunkan Berat Badan