Mulok Keminangkabauan di Padang Disambut Antusias, Wujudkan Generasi Berkarakter

- Advertisement -
Padang, 6 Februari 2024 – Sejak diluncurkan pada 19 September 2023, program Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan bagi siswa SD dan SMP di Kota Padang mendapat sambutan antusias. Hal ini terlihat dari semangat para peserta didik dalam mengikuti berbagai kegiatan Mulok yang dirancang untuk menanamkan pengetahuan dan kecintaan terhadap adat dan budaya Minangkabau.

Wali Kota Padang Hendri Septa yang meninjau langsung kegiatan Mulok di SMPN 2 pada Selasa (6/2) mengungkapkan rasa bangganya atas antusiasme para siswa. “Alhamdulillah, Mulok Keminangkabauan yang diadakan setiap Selasa di seluruh SD dan SMP negeri maupun swasta di Kota Padang berjalan dengan baik. Para siswa mengikuti dengan antusias dan mampu menampilkan berbagai atraksi adat, seni, dan budaya Minangkabau dengan sangat baik,” ujar Hendri Septa.

Kegiatan Mulok di SMPN 2 diawali dengan Tari Pasambahan dan Tari Silek jo Galombang, dilanjutkan dengan drama singkat tentang pernikahan sasuku yang dilarang dalam adat Minangkabau. Kemeriahan semakin terasa saat Hendri Septa dan para siswa bersama-sama bermain sepak rago, permainan tradisional Minangkabau.

mulok kota padang hendri septa

“Saya sangat berterima kasih kepada kepala sekolah dan para guru di SMPN 2 yang telah mendukung pelaksanaan Mulok Keminangkabauan ini. Saya harap program ini dapat terus berjalan dengan baik dan rutin,” kata Hendri Septa yang juga merupakan alumni SMPN 2.

Lebih lanjut, Hendri Septa menjelaskan bahwa program Mulok Keminangkabauan merupakan komitmen Pemko untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berwawasan adat dan budaya Minangkabau. “Mulok Keminangkabauan ini masuk dalam mata pelajaran ekstrakurikuler yang diadakan selama dua jam di jam pertama setiap Selasa. Tujuannya adalah untuk membangun karakter Minangkabau pada diri para pelajar dan menjauhkan mereka dari hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka,” pungkas Hendri Septa.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA