Beranda TEKNOLOGI Pengertian dan Manfaat Progressive Web App bagi Toko Online

Pengertian dan Manfaat Progressive Web App bagi Toko Online

progressive web app

Pengertian Progressive Web App

Web hosting di Hostinger merupakan salah satu platform yang banyak diminati oleh kaum pebisnis. Karena dengan menggunakan ini semua data, file, hingga aset disimpan pada aset. Ada beberapa komponen yang harus Anda ketahui di dalam web hosting ini, salah satunya adalah Progressive Web App

Progressive Web App merupakan salah satu teknik dalam dunia website yang digunakan untuk mengakses dengan cepat suatu aplikasi. Akses ini akan ditampilkan ke dalam bentuk mobile web yang ada pada perangkat smartphone Anda.

Ciri – Ciri Progressive Web App

Adapun beberapa ciri yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

1. Progresif

Ciri utamanya adalah dapat mengakses semua user walaupun Anda sedang menggunakan Opera atau Chrome. Anda akan tetap dapat mengakses website dalam waktu cepat.

2. Linkable

Ciri yang kedua adalah linkable yang mana dapat dengan mudah dibagikan ke semua orang dengan menggunakan link atau URL tanpa mengalami proses instalasi yang berbelit – belit.

3. Instalasi

Instalasi merupakan fitur yang dapat menyimpan secara langsung Progressive Web App tanpa melakukan download aplikasi terlebih dahulu.

4. Dapat dengan Mudah Ditemukan

Alasan mengapa Progressive Web App dapat dengan mudah ditemukan adalah karena adanya service workers.

5. User Engagement Dapat Ditingkatkan

Fitur yang disediakan akan dapat membantu dalam meningkatkan user engagement. Salah satunya adalah dengan menggunakan push notification.

Baca juga: Inilah Cara agar Internet Jadi Sumber Penghasilan

6. Layaknya Aplikasi yang Mudah Digunakan

Progressive Web App dari awal memang dirancang lebih modern agar terasa lebih mudah dalam interaksi seperti dalam hal navigasi yang diadaptasi seperti aplikasi pada umumnya.

7. Up – to – date

Progressive Web App selalu up – to – date karena ada fitur service workers.

8. Tidak Akan Bergantung pada Konektivitas

Progressive Web App akan tetap bisa berjalan walaupun sedang memiliki jaringan yang lemah karena ada fitur service workers.

BACA JUGA  Menkominfo: Serangan Siber Tanggung Jawab Bersama

Bagaimana Cara Kerja Progressive Web App?

Cara kerja dari Progressive Web App selalu melibatkan tool lain bahkan service worker. Alasan mengapa service worker ini dibutuhkan karena akan digunakan untuk membuka web yang dituju.

Apabila service worker ini belum ada di smartphone Anda, maka Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu sehingga nantinya akan dapat melakukan pekerjaannya. Pendaftaran service worker ini nantinya akan didaftarkan secara otomatis.

Baca juga: Cara Membuka Internet Cafe untuk Pemula

Sebenarnya cara kerja dari Progressive Web App ini bisa dilakukan secara otomatis, akan tetapi juga bisa dilakukan secara manual dengan cara konten app shell akan pada service worker yang nantinya akan dimasukkan ke dalam cache.

App sheill ini memuat segala sumber yang akan dimuat ketika tidak ada konektivitas dengan internet. Atau dengan kata lain bisa diakses secara offline.

Komponen pada Progressive Web App

Adapun beberapa komponen yang harus Anda ketahui sebelum mengenal lebih dalam lagi tentang Progressive Web App, yaitu sebagai berikut:

1. Service Worker

Service worker merupakan skrip yang ditulis javascript dengan bahasa pemrograman yang mana berada di web browser. Kegunaan dari service worker ini adalah dapat menampilkan resource sehingga bisa dilakukan akses secara offline.

2. Progressive Enhancement

Progressive enhancement merupakan komponen yang akan digunakan untuk melakukan pendekatan yang dimulai dengan fitur – fitur umum untuk pengembangan web.

3. Chace

Chace merupakan tempat resource yang mana dapat memberikan tampilan jika diakses dengan mode offline.

4. Push Notification

Push notification merupakan pemberitahuan atau notifikasi yang ada pada website yang mana berfungsi untuk memberikan pemberitahuan pada pengguna.

Kelebihan Progressive Web App

1. Instalasi Dapat Dilakukan secara Cepat

Pemasangan Progressive Web App tidak memerlukan waktu yang lama karena pemasangan hanya perlu dilakukan dengan menginstalnya saja.

BACA JUGA  Windows 11 Dirilis Dengan Beberapa Perubahan Signifikan
2. Dapat Menghemat Biaya

Ketika melakukan penerapan Progressive Web App, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena dalam proses penerapannya di aplikasi sudah termasuk ke dalam metode progresif. Jadi akan memberikan kemudahan untuk Anda.

3. Tidak Mengambil Banyak Space Penyimpanan

Progressive app memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi android. Jadi, Anda tidak usah khawatir jika memori Anda memiliki kapasitas yang tidak besar.

Baca juga: Layanan Internet Unlimited dari PLN Tarif Mulai Rp 185 Ribu per Bulan

4. Dapat Berjalan secara Offline

Kelebihan lainnya ketika menggunakan sistem ini adalah akses dapat dilakukan walaupun dalam kondisi offline tidak ada internet. Anda bisa melihatnya karena akan disimpan di dalam cache.

5. Dapat Diupdate secara Otomatis

Update bisa dilakukan secara otomatis jadi Anda tidak usah bingung untuk melakukan update secara manual. Jadi, Anda akan senantiasa dapat menggunakan aplikasi dengan versi terbaru secara berkala.

6. Dapat Digunakan di Berbagai Perangkat

Kemudahan yang sangat membuat nyaman para pengguna adalah dapat digunakan di berbagai perangkat baik itu smartphone bersistem operasi android, windows atau IOS, laptop, PC, hingga tablet.

Kekurangan Progressive Web App

Memang jika dilihat – lihat Progressive Web App memiliki banyak sekali kelebihan, akan tetapi pastinya juga memiliki sisi kekurangannya. Bagi pengguna yang belum memahami bagaimana cara memakai Progressive Web App.

Ada banyak fitur – fitur di dalamnya yang belum bisa digunakan secara native sehingga tidak bisa maksimal dalam penggunaan fitur yang ada.

Selain itu kekurangan lainnya adalah belum bisa diterapkan untuk semua web browser. Jadi bisa dikatakan masih terbatas dalam hal penggunaan.

Alasan Mengapa Progressive Web App Cocok untuk Bisnis Toko Online

1. Dapat Meningkatkan User Experience

Alasan yang pertama adalah dapat meningkatkan user experience dengan menggunakan sistem Progressive Web App. Anda juga tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mengembangkan aplikasi native.

BACA JUGA  Aturan Baru WhatsApp Berlaku Hari Ini, Akses Pengguna yang Belum Setuju Dibatasi

Walaupun sistem ini memiliki banyak sekali fitur di dalamnya, akan tetapi ketika app ini dijalankan akan sangat ringan dan juga dapat beroperasi walaupun jaringan sedang buruk.

2. Dapat Meningkatkan Engagement Pelanggan

Alasan yang kedua adalah dapat menjangkau pelanggan secara luas dan juga dapat menjangkaunya kembali untuk kedua kalinya sehingga engagement akan meningkat.

Karena ada banyak sekali pelanggan yang menjelajahi website dengan akun anonim sehingga tidak meninggalkan alamat email sebagai informasi. Jadi, Progressive Web App ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan jangkauan dan engagement.

3. Dapat Menghasilkan Konversi yang Jauh Lebih Tinggi

Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang e – commerce, maka Progressive Web App dapat menjadi jawaban karena jika Anda menggunakan ini maka dapat menghasilkan konversi yang jauh lebih tinggi.

Mengapa hal demikian dapat terjadi? Karena Progressive Web App dapat meningkatkan jangkauan dan engagement sehingga akan mengarahkan ke hasil penjualan yang semakin meningkat tiap waktunya.

Baca juga: Penggunaan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Dibatasi

Demikian artikel ini menjelaskan mengenai Progressive Web App sebagai komponen. Jangan lupa untuk menggunakan jasa web hosting untuk meningkatkan kualitas website Anda. Semoga dapat bermanfaat dan selamat membaca!

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakAlsa Mengekspresikan Perasaan Cintanya Lewat “NA NA NA”
Artikulli tjetërBunga Citra Lestari Nyanyikan “Kinari” dari Book Soundtrack Rapijali