Beranda SOSOK Pesona Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee di Usia 50 Tahun Jadi...

Pesona Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee di Usia 50 Tahun Jadi Sorotan di KTT G20

Ibu Negara Korea Selatan
Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee dikenal sebagai seorang wanita awet muda, meski usianya sudah 50 tahun. Dia hadir mendampingi suaminya Presiden Yoon Suk-yeol dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Kedatangan ibu negara Korea Selatan ini disambut langsung oleh Iriana Jokowi dan mengajaknya untuk menikmati jamuan minum teh dan berbincang bersama.

Dalam kunjungannya, Kim tampil kasual dengan padanan blouse putih serta rok selutut. Dia memilih gaya simpel dengan sepasang pump shoes warna krem. Gaya rambutnya pun terlihat santai dengan tatanan kuncir tengah.

Di saat yang sama, Kim Keon-hee tengah disorot lantaran potretnya yang disebut-sebut sengaja meniru gaya aktris Audrey Hepburn di Somalia pada tahun 1992 yang saat itu dilanda perang.

Sebelum tiba di Indonesia, Kim bersama suaminya sempat berkunjung ke Kamboja untuk sebuah pekerjaan amal dalam rangkaian acara KTT ASEAN. Ia difoto sedang menggendong seorang anak yang menderita penyakit jantung bawaan.

Ibu Nehara Korea Selatan

Anak yang digendong oleh Kim diketahui merupakan pasien penyakit jantung di Pusat Medis Hebron di Phnom Penh yang dibangun oleh dokter anak Korea Selatan pada 2007. Tak bisa datang ke rumah sakit karena kondisinya, Kim Keon-hee pun mengunjungi rumah anak tersebut secara langsung.

Foto-foto Kim menggendong anak itu pun menarik perhatian publik Korea. Warganet hingga politisi oposisi membandingkan foto tersebut dengan foto Hepburn yang diambil selama kunjungannya ke pusat pemberian makan yang dibantu UNICEF di Baidoa, Somalia, pada 1992.

Dalam fotonya, Kim menggunakan kemeja polo lengan pendek hitam dan celana putih sedang menatap kejauhan sambil menggendong anak itu. Sementara Hepburn di fotonya yang diambil 1992 silam juga mengenakan kemeja gaya polo gelap dan celana chino berwarna terang juga menatap ke kejauhan sambil menggendong seorang anak di pelukannya.

BACA JUGA  Joe Biden dalam Kenangan Kecelakaan Tragis Istri Pertamanya Neilia dan Putrinya Naomi

Warganet dan oposisi utama mantan anggota Partai Demokrat Korea (DPK) Kim Yong-min menuduh ibu negara Korea tersebut meniru aktris asal Inggris itu.

“Jika Anda ingin meniru seseorang, cobalah meniru semangat dan pengorbanannya, bukan pose atau pakaiannya,” tulis Kim dalam unggahannya di akun media sosial Facebook miliknya, sebagaimana dilansir dari Korea Times.

Ibu Negara Korea Selatan

“Juga, tolong mulai dengan meninggalkan kejahatan [dengan] menggunakan mereka yang menderita sebagai hiasan,” tulisnya lebih lanjut.

Kejadian ini bukan kali pertamanya Kim dikritik dalam tuduhan meniru gaya ikonik wanita-wanita terkenal dalam foto resmi yang diambil oleh kantor kepresidenan. Sebelumnya, Kim juga disebut suka meniru pose Jacqueline Kennedy, istri mantan Presiden AS John F. Kennedy. Tak hanya gaya fotonya, tetap juga beberapa busananya.

Dalam kebersamaannya dengan Iriana Jokowi, Kim diajak melihat-lihat sejumlah kerajinan tangan mulai dari tenun Endek Bali hingga kerajinan perak. Ia pun disuguhkan penampilan budaya Indonesia seperti Gamelan Bali dan Panyembrama, sebuah tarian penyambutan tamu.

Usai melakukan sejumlah kegiatan, keduanya menikmati acara minum teh bersama sambil diiringi alunan musik biola dan sasando. Kim turut diperdengarkan beberapa lagu nasional di antaranya Tanah Air, Angin Mamiri dan Bengawan Solo.

Sosok Kim Keon-hee

Kim Keon-hee merupakan seorang ahli di bidang seni. Kim yang lahir di Yangpyeong-gu, Provinsi Gyeonggi, Korsel, pada 2 September 1972 mengenyam pendidikan tinggi di program studi Seni Lukis di Kyonggi University.

Seperti dilansir The Straits Times, Kim melanjutkan studinya ke jenjang magister jurusan Pendidikan Seni, dan doktor di Desain Konten Digital.

Kim juga merupakan seorang yang memiliki ketertarikan mendalam di bidang seni. Dalam kariernya di industri seni dan desain, Kim bekerja sebagai pengajar di sejumlah sekolah dan universitas.

BACA JUGA  Butet Manurung Didapuk Jadi Barbie Role Model 2022

Darah pengusaha juga mengalir di tubuh Kim. Ia membangun perusahaan konten budaya, Covana Contents, pada 2007. Dalam sebuah wawancara dengan DongA Business Review pada 2015, ia mengisahkan latar belakang mendirikan perusahaannya itu.

“Sejak kecil, saya sudah tertarik dengan seni. Dengan latar belakang akademik saya, secara alamiah saya merasakan keinginan yang dalam untuk membangun sebuah perusahaan yang bisa menyebarluaskan nilai-nilai seni,” ujar Kim.

“Saya ingin melakukan lebih dari perencanaan pameran seni, untuk menciptakan pengaruh positif dalam sektor budaya secara keseluruhan,” imbuhnya.

Perusahaan Kim pernah membantu penyelenggaraan galeri para seniman seperti Alberto Giacometti, Marc Chagall, dan Mark Rothko.

Kim Keon-hee dan Yoon Suk-yeol resmi membangun bahtera rumah tangga dengan Yoon Suk-yeol pada 2012 lalu. Mengutip The Korea Herald, Kim dan Yoon sudah kenal lama sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah.

Dalam sebuah sesi wawancara pada 2018, Kim mengatakan, ia dan Yoon sepakat untuk menikah setelah teman mereka berpendapat keduanya cocok menjadi pasangan suami istri. Ketika menikah, Kim berusia 40 tahun dan Yoon 52 tahun.

“Ia [Yoon Suk-yeok] tidak memiliki uang, dan saat itu saya pikir, ia tidak akan bisa menikahi siapa pun jika bukan karena saya,” kata Kim saat itu.

Keduanya tidak memiliki anak, dan hidup dengan empat anjing dan tiga kucing peliharaan.

Source: CNN

Facebook Comments

Artikulli paraprakLink Live Streaming Gratis Laga Uji Coba Timnas Indonesia U20 vs Slovakia
Artikulli tjetërInilah yang Dilakukan Dokter Kecantikan untuk Menjaga Penampilan Anda