Iklan
Iklan

Tidur Dekat HP Berbahaya, Benarkah Bisa Menyebabkan Kanker?

- Advertisement -
Tidur dekat HP masih jadi perdebatan bagi sebagian orang. Ada yang bilang bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan tidur kurang nyenyak dan bahkan memicu terjadinya kanker. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa tidak apa-apa, kok. Jadi, bagaimana kebenarannya?

Tidur dekat HP atau ponsel biasanya terjadi karena kamu terlalu asyik bermain ponsel sebelum tidur. Saking asyiknya nonton film, mendengarkan lagu, atau membaca berita terkini, tanpa sadar kamu tertidur dengan HP di dekatmu atau sambil menggenggamnya.

Selain itu, tidur dekat HP juga bisa jadi kebiasaan yang disengaja karena kamu tidak ingin melewatkan alarm untuk bangun tidur atau notifikasi saat menunggu telepon dari orang lain. Namun, faktanya kebiasaan tidur dekat HP justru bisa menimbulkan dampak negatif, bahkan berbahaya bagi kesehatan, lho.

Apakah Tidur Dekat HP Bisa Membahayakan Kesehatan?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tidur dekat HP memang lebih sering terjadi karena kamu terlalu asyik bermain ponsel sampai menyebabkan kamu tertidur di samping HP.

Sebenarnya, saat bermain HP sebelum tidur, cahaya biru yang terpancar dari HP bisa menghambat produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu kamu terlelap. Karena hal itulah, kamu pun tidak mengantuk meski sudah larut malam.

Belum lagi bila kamu sudah terlelap, ponsel bisa saja belum pada mode senyap (silent) sehingga notifikasi atau bunyi dari ponsel bisa membuatmu terbangun.

Bila bunyi ponsel hanya sesekali mungkin kamu tidak menyadarinya dan tetap saja tidur. Namun, jika ponsel berdering terus-terusan, tidur pun dapat terganggu dan kamu menjadi terjaga.

Akibat kamu bergadang, waktu tidurmu pun tidak tercukupi dengan kualitas yang belum tentu baik. Pada akhirnya, saat bangun tidur keesokan harinya, kamu akan sering menguap, cepat merasa lelah, sulit konsentrasi, dan memiliki mood yang buruk.

Selain itu, meski jarang terjadi, beberapa tipe ponsel memiliki baterai yang mudah panas dan mudah terbakar. Ponsel seperti ini bisa saja menimbulkan kebakaran. Jika kamu tidur dekat HP seperti ini, kamu berisiko tinggi mengalami luka bakar.

Apakah Bisa Menyebabkan Kanker?

Banyak orang yang percaya bahwa tidur dekat HP bisa menyebabkan kanker. Sebenarnya, sampai saat ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa tidur dekat HP bisa menyebabkan kanker, kok.

Ini karena semua radiasi HP, baik pada jaringan 2G, 3G, 4G, atau 5G, termasuk dalam gelombang radiasi yang rendah. Radiasi dari HP tidak bisa merusak DNA dan menyebabkan kanker.

Meski begitu, tidur dekat HP bukanlah hal yang dianjurkan. Walau belum terbukti sepenuhnya menyebabkan kanker, kebiasaan tidur di dekat ponsel bisa mengganggu jadwal tidur dan mengurangi kualitas tidur.

Kalau kamu tidak memperoleh tidur yang cukup, banyak masalah kesehatan yang dapat kamu alami, antara lain daya tahan tubuh menurun, sulit konsentrasi, mood jadi mudah naik turun, dan berisiko tinggi mengalami diabetes, serangan jantung, stroke, serta tekanan darah tinggi.

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk menghindari tidur dekat HP agar tidak mengalami dampak buruk dari kebiasaan ini. Usahakan untuk berhenti melihat HP setidaknya 1 jam sebelum tidur, lalu letakkan ponsel di meja atau tempat yang agak jauh dari kasur.

Namun, bila kamu kesulitan untuk mengendalikan kebiasaan tidur dekat HP, bahkan timbul ketagihan untuk selalu main HP di malam hari hingga sulit tidur dan mengganggu aktivitas, jangan ragu berkonsultasi ke psikolog untuk menentukan terapi psikologis yang diperlukan guna meredakan keluhan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA