Iklan
Iklan

Yayasan WINGS Peduli dan RSUI 2024 Resmikan RSUI WINGS Garden

- Advertisement -
Yayasan WINGS Peduli resmikan RSUI WINGS Garden, lahan hijau yang mudah diakses masyarakat dan komunitas sekitar di wilayah Depok, kolaborasi Bersama UI (Universitas Indonesia) dan RSUI (Rumah Sakit Universitas Indonesia).

Untuk meresmikannya, Yayasan WINGS Peduli menggelar “Festival Sehat RSUI WINGS Garden” yang terdiri dari rangkaian sport activities, talkshow inspiratif, hingga pengobatan dan konsultasi kesehatan dengan dokter umum secara gratis yang diikuti oleh ratusan masyarakat.

Kegiatan “Festival Sehat RSUI WINGS Garden” ini merupakan komitmen #WINGSPeduliKesehatan dari Yayasan WINGS Peduli untuk mempromosikan gaya hidup sehat, salah satunya dekat dengan alam, untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental masyarakat.

Yayasan WINGS Peduli
Foto: Eny

Sebuah scientific report berjudul “Spending at least 120 minutes a week in nature is associated with good health and wellbeing” (Nature.com, 2019) menegaskan bahwa dua jam selama satu minggu, merupakan durasi ideal menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan fisik dan mental. Alam yang dimaksud adalah taman, hutan, bukit, atau sungai.

RSUI WINGS Garden dibangun Yayasan WINGS Peduli bersama RSUI untuk menjadi salah satu alternatif bagi komunitas sekitar UI dan RSUI untuk menikmati elemen alam dengan mudah.

“RSUI WINGS Garden diharapkan dapat menjadi alternatif tujuan bagi tenaga kesehatan, pasien dan keluarga yang menjenguk, mahasiswa UI, hingga masyarakat di sekitarnya, untuk menghabiskan waktu saat mereka membutuhkan ruang terbuka hijau. Inisiatif ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat, dengan berkolaborasi bersama mitra yang memiliki kesamaan misi di bidang kesehatan yakni RSUI.’’ kata Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli di RSUI Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024).

Yayasan WINGS Peduli
Kegiatan olahraga yang disponsori oleh ProGuard, Isoplus dan Mie Sedaap Baked, serta Zinc sebagai rangkaian Festival Sehat RSUI WINGS Garden

Untuk meresmikan RSUI WINGS Garden, Yayasan WINGS Peduli menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Festival Sehat RSUI WINGS Garden” dengan menggandeng para brand yang mendukung konsumennya melakukan healthy lifestyle. Festival Sehat RSUI WINGS Garden ini menghadirkan pengalaman menikmati alam sambil berolahraga, seperti Cardio Boxing persembahan ProGuard, Zumba persembahan Isoplus dan Mie Sedaap Baked, serta PoundFit persembahan Zinc.

Terdapat juga berbagai booth yang turut mendukung Kesehatan pengunjung, seperti medical checkup serta konsultasi kesehatan gratis persembahan ProGuard, edukasi #PilahDariSekarang yakni kampanye pemilahan sampah untuk Kesehatan lingkungan, booth game persembahan Zinc, hingga makanan dan minuman persembahan IsoPlus, Mie Sedaap Baked, Top Coffee, dan Yoshinoya.

Berolahraga di alam, beri manfaat untuk fisik dan mental

 Selain baik untuk kesehatan tubuh, menurut Listya Tresnanti Mirtha, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RSUI, bergerak sambil menikmati alam, salah satunya dengan berolahraga, memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan sosial. Beberapa di antaranya dapat mengurangi stres, menajamkan konsentrasi, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, hingga memperbaiki mood. Hal ini disebabkan elemen alam dapat menenangkan pikiran, seperti gemercik air, kicauan burung, hingga angin berdesir.

Yayasan WINGS Peduli
Dalam sesi peresmian RSUI WINGS Garden, Bapak Billy William mewakili Yayasan WINGS Peduli menyerahkan plakat kepala Ibu Astuti Giantini selaku Direktur Utama RSUI

Begitu juga dengan pengalaman sensorik dari aroma segar tanaman, sentuhan tanah dan daun, hingga paparan cahaya matahari.

Dokter Listya menyarankan, dedikasikan waktu setiap minggu untuk menghabiskan waktu di taman sambil melakukan olahraga ringan atau aktivitas menyenangkan, dan interaksi social lainnya. Seperti berjalan atau berlari kecil tanpa gadget, bersepeda, yoga atau meditasi, hingga melakukan fotografi sambil menikmati taman. Dengan suasana yang menyegarkan dan pemandangan indah, olahraga terasa lebih menyenangkan dan memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan hanya di dalam ruangan.

Direktur Utama RSUI, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, mengatakan bahwa integrasi kegiatan di rumah sakit dengan RSUI WINGS Garden diharapkan dapat memberikan dampak langsung kepada komunitas terkait.

Yayasan WINGS Peduli
Sesi pemotongan pita yang diwakili oleh pihak RSUI dan Yayasan WINGS Peduli, yang turut disaksikan oleh perwakilan pemerintah kota Depok

“RSUI WINGS Garden diharapkan dapat membantu mempercepat kesembuhan pasien yang menginap di RSUI, sekaligus memberikan ketenangan kepada tenaga medis yang bertugas saat melayani pasien. Hal ini juga merupakan salah satu misi dari rumah sakit kami yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna,”ujar dokter Astuti.

RSUI WINGS Garden memiliki berbagai fasilitas penunjang kesehatan mental dan fisik, mulai dari bebatuan, aliran air, tanaman, aquarium, amphitheater, hingga batu alam berpola untuk area terapi. Terdapat pula Family Mart yang dapat dimanfaat pengunjung taman untuk membeli beragam keperluan. Berbagai inisiatif dan kolaborasi ini sejalan dengan upaya Yayasan WINGS Peduli untuk meningkatkan fasilitas pendukung kesehatan, yang sejalan dengan filosofi perusahaan bahwa The Good Things in Life should be Accessible for All.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA