Beranda INFO SEHAT COVID-19 Zymo Research Luncurkan Layanan Mendeteksi Varian SARS-CoV-2 Baru

Zymo Research Luncurkan Layanan Mendeteksi Varian SARS-CoV-2 Baru

Zymo Research
Zymo Research introduces its COVID-19 Variant Sequencing Service that aids in tracking the emergence and prevalence of novel SARS-CoV-2 variants.
Zymo Research pada hari ini meluncurkan “COVID-19 Variant Sequencing Service” (Layanan Sekuensing Varian Covid-19). Layanan global yang baru ini melengkapi berbagai solusi SARS-CoV-2 terintegrasi dari Zymo Research, termasuk pengumpulan sampel, ekstraksi RNA, dan deteksi SARS-CoV-2.

Upaya cepat untuk mendeteksi mutasi virus membantu pencegahan penyebaran galur virus baru dan dapat memberikan peringatan awal tentang kemungkinan lolosnya mutasi virus baru dari vaksin (vaccine escape).

Zymo Research, penyedia layanan sekuensing yang disertifikasi Illumina, menggunakan alur kerja Illumina COVIDSeq™ NGS. Layanan terintegrasi ini mencakup perangkat pengumpulan sampel yang diperlukan dan teknologi ekstraksi otomatis, sementara, sekuensing RNA diselesaikan pada platform Illumina.

DNA/RNA Shield™ dari Zymo Research dipakai untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan menjaga sampel-sampel. Bahan pengawet menonaktifkan virus SARS-CoV-2 dan menstabilkan RNA-nya. Dengan demikian, sampel dapat dikirim dengan suhu ruangan yang aman agar koleksi sampel dan sekuensing sampel dilakukan secara lengkap.

“Zymo Research terus berperan penting dalam memerangi pandemi Covid-19,” kata Dr. Keith Booher, Leader, Zymo R Services. “Ketika virus SARS-CoV-2 bermutasi, kami berkomitmen untuk mengembangkan berbagai produk dan layanan dalam portofolio pengetesan Covid-19.

Tujuannya adalah membantu berbagai laboratorium milik pemerintah lokal dan federal serta lembaga kesehatan dalam mengidentifikasi varian virus korona baru, termasuk varian-varian yang belakangan bermunculan di Inggris (B.1.1.7), Afrika Selatan (B.1.351), dan Brazil (P.1).”

Alur kerja “COVID-19 Variant Sequencing Service” terdiri atas pengumpulan, pengolahan, sekuensing, dan pelaporan sampel. Sejumlah sampel positif Covid dikumpulkan dari pusat-pusat tes dan dikirimkan ke Zymo Research serta sejumlah lembaga terafiliasi untuk diolah.

Ekstraksi RNA otomatis dari sampel-sampel yang terkumpul dilakukan dengan teknologi sequencing-by-synthesis dari Illumina, lalu dianalisis dengan “accelerated-hardware DRAGEN™ COVIDSeq™ Analysis Pipeline”.

Laporan akhir meliputi identifikasi galur Covid-19, cakupan sekuensing genomika, mutasi-mutasi yang telah dikonfirmasi, genomika hasil konsensus, dan berkas mentah hasil sekuensing (raw sequence file).