Beranda INFO SEHAT 5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Rasa Takut
Tidak sedikit di antara kita yang mengalami rasa takut atau tidak nyaman saat berkendara dengan pesawat terbang. Jika Anda adalah salah satunya, jangan khawatir. Ada berbagai cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa takut naik pesawat.

Ada 2 faktor yang membuat seseorang takut naik pesawat, bahkan bisa berkembang menjadi aviophobia atau rasa takut berlebihan akan terbang alias takut naik pesawat. Kedua faktor tersebut adalah pengalaman traumatis dan lingkungan.

Faktor pengalaman traumatis ini misalnya karena mendengar suara keras selama penerbangan, mengalami turbulensi dalam penerbangan sebelumnya, atau merasa sakit karena perubahan tekanan di dalam pesawat.

Sementara faktor lingkungan bisa terjadi karena memiliki orang tua yang juga takut naik pesawat, mendengar pengalaman trauma dari orang lain saat naik pesawat, atau menonton berita kecelakaan pesawat.

Ini Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan rasa takut naik pesawat yang bisa dicoba, antara lain:

1. Lakukan meditasi sebelum naik pesawat

Sebelum jadwal terbang, cobalah latihan meditasi setiap hari selama 1–2 minggu sebelumnya. Caranya, Anda bisa tarik napas dalam-dalam selama 4 detik dan embuskan perlahan-lahan selama 6 detik. Ulangi sampai tubuh dan pikiran jadi tenang.

2. Konsumsi minuman berenergi

Cobalah konsumsi minum berkafein atau minuman berenergi sebelum naik pesawat. Hal ini diduga bisa membantu menghilangkan unsur-unsur yang dapat memicu rasa cemas atau gelisah ketika berada di dalam pesawat.

3. Cari aktivitas yang dapat mengalihkan pikiran

Lakukan hal-hal yang membantu Anda agar tetap fokus, tidak takut, dan tidak cemas. Misalnya, menurunkan penutup jendela dam mendengarkan musik, membaca buku, menonton, atau memakan sesuatu.

4. Beri tahu awak pesawat

Beri tahu awak pesawat atau penumpang di sebelah kalau Anda takut naik pesawat. Hal ini penting agar jika nanti rasa takut muncul selama penerbangan, penumpang tersebut dan awak pesawat bisa mengerti dan bisa membantu menenangkan Anda.

BACA JUGA  6 Khasiat Kunyit Asam yang Dahsyat

5. Temui dokter atau psikiater

Ketika takut naik pesawat dirasa berlebihan dan sangat mengganggu, kondisi ini bisa menjadi tanda dari aviophobia. Aviophobia ini bisa diatasi oleh psikiater atau psikolog sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan rasa takut yang dialami penderita.

Psikiater biasanya akan memberikan terapi, seperti terapi perilaku kognitif, hipnoterapi, atau terapi relaksasi. Bila dirasa perlu, psikiater juga mungkin akan meresepkan obat pereda cemas untuk menangani keluhan ketika gejala aviophobia muncul.

Agar rasa takut naik pesawat ini tidak terjadi berlarut-larut, cobalah lakukan cara menghilangkan rasa takut naik pesawat seperti penjelasan di atas. Bila perlu, konsultasikan dengan psikolog atau psikiater, sehingga Anda mendapat penanganan yang aman dan sesuai.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaJazz Gunung Bromo Hadirkan Fariz RM Hingga Dewa Budjana
Artikel berikutnyaDemokrat: Gerombolan Moeldoko Tunjuk Yusril Ihza Mahendra untuk Cari Pembenaran di MA