Beranda INFO SEHAT Inilah Menu Sarapan Sehat agar Tubuh Berenergi

Inilah Menu Sarapan Sehat agar Tubuh Berenergi

Sarapan Sehat
Mengonsumsi menu sarapan sehat pada pagi hari sangat penting bagi stamina dan daya tahan tubuh. Bagi Anda yang belum terbiasa sarapan, mulailah menjalani kebiasaan sehat ini dari sekarang. Dengan sarapan, tubuh akan lebih berenergi dan Anda pun siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Sarapan bukan hanya sekadar menghilangkan rasa lapar. Asupan nutrisi yang optimal dan menyehatkan ibarat bahan bakar yang bisa membuat organ tubuh bekerja dengan baik.

Tanpa asupan nutrisi dan stamina yang prima, Anda akan sulit berkonsentrasi dan menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, sarapan sehat juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, mencegah peningkatan kadar kolesterol, hingga menjaga berat badan.

Jangan Asal Kenyang

Banyak yang beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti sereal atau roti tawar putih. Namun, anggapan tersebut ternyata salah.

Mengonsumsi karbohidrat olahan justru bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat, sehingga tidak baik bagi kesehatan.

Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan adalah yang berasal dari biji-bijian utuh, seperti nasi merah dan roti gandum utuh, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Selain itu, lengkapi menu sarapan sehat Anda dengan makanan yang mengandung protein, misalnya telur. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi hari dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba.

Ragam Menu Sarapan Sehat

Sarapan Sehat

Ada beragam menu sarapan sehat yang dapat Anda konsumsi saat pagi hari, antara lain:

  • Nasi uduk, telur, tempe, dan timun
  • Lontong sayur labu, telur bulat, dan tahu
  • Nasi tim ayam, telur, lengkap dengan kuah sayuran
  • Bubur manado dan potongan ikan
  • Bubur ayam, telur rebus, dan kacang
BACA JUGA  Awas! Syndrome Carpal Tunnel Terjadi Akibat Pegang Hp dan Mouse Seharian

Berbagai menu sarapan sehat di atas dapat Anda lengkapi dengan buah-buahan, seperti pisang, pepaya, semangka, dan apel.

Bila Anda tidak ingin mengonsumsi makanan yang terlalu berat, Anda juga dapat menyantap menu sarapan sehat dan praktis berikut ini:

  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang
  • Roti gandum utuh berisi telur dadar, keju, selada, dan tomat
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum utuh
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan
  • Yoghurt rendah lemak dan dicampur buah-buahan
  • Susu cokelat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, dan buah-buahan
  • Jus buah dicampur yoghurt rendah lemak

Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat, mungkin sulit meluangkan waktu untuk mempersiapkan dan menyantap sarapan. Nah, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan sarapan, di antaranya:

  • Masak menu sarapan pada malam hari, sehingga Anda hanya perlu menghangatkan makanan kembali pada pagi harinya.
  • Siapkan bahan-bahan makanan pada malam hari sebelum tidur, sehingga Anda bisa dengan mudah mengolahnya pada pagi hari tanpa harus mencari lagi bahan-bahan makanan tersebut.
  • Jika Anda tidak sempat sarapan di rumah, Anda bisa membungkus bekal sarapan yang telah dipersiapkan sejak malam harinya. Jadi, ketika pagi tiba, Anda bisa langsung membawa bekal sehat untuk disantap.

Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari pola hidup sehat. Oleh karena itu, hindari melewatkan sarapan. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan berat badan Anda.

Jika Anda bingung menentukan menu sarapan sehat yang baik dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaInilah Manfaat Daging Bebek Bagi Kesehatan Anda
Artikel berikutnyaSulawesi Selatan Masuk Daftar 16 Provinsi dengan Kasus Narkoba Terbanyak di Indonesia.