Beranda INFO SEHAT COVID-19 Langgar Protokol Kesehatan Rombongan Wagub Jabar Dibubarkan Satgas Covid-19

Langgar Protokol Kesehatan Rombongan Wagub Jabar Dibubarkan Satgas Covid-19

Protokol Kesehatan
Diduga melanggar protokol kesehatan Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran membubarkan acara hiburan elektone dangdut Pondok Seni Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (29/01/2021) sekitar pukul 22.30 WIB.

Pembubaran acara hiburan dangdut yang telah melanggar protokol kesehatan karena menimbulkan kerumunan orang banyak di Pondok Seni itu dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Satgas Jaga Lembur.

Acara hiburan elektone dangdut di Pondok Seni merupakan rombongan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Namun, Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran Yadi Setiadi mengaku, tidak tahu adanya pembubaran di Pondok Seni Pangandaran karena melanggar protokol kesehatan.

“Saya tidak tahu, karena sedang di Tasik, coba saja hubungi Kapolsek atau Sekdis Pol PP,” singkatnya, Sabtu (30/01/2021).

Sementara itu, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pangandaran Bangi mengatakan, semalam saat dirinya dirumah menerima laporan dari anggota yang piket dilapangan bahwa ada kegiatan hiburan elektone di Pondok Seni pantai Barat Pangandaran.

“Setelah itu saya memerintahkan tujuh anggota Satpol PP untuk gabung dengan TNI-Polri serta Satgas Jaga Lembur dalam melakukan tindakan pembubaran acara tersebut,” katanya.

Pada saat dilakukan penindakan, kata dia, tamu undangan di Pondok Seni yang sedang mengadakan hiburan musik elektone itu mengaku dari rombongan Wakil Gubernur Jabar. Dan pembubaran itu menindaklanjuti pelaporan dari masyarakat terkait pelanggaran protokol kesehatan.

“Pembubaran dilakukan oleh 17 orang personel yang terdiri dari Reskrim Polsek Pangandaran, Satpol PP dan Satgas Jaga Lembur, pada saat pembubaran tamu tersebut mengaku dari rombongan wagub jabar,” tuturnya.

Salah seorang warga yang minta namanya dirahasiakan, mengatakan, pada saat Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran melakukan pembubaran acara hiburan tersebut orang nomor dua di Jabar enggan keluar dari kamar.

“Semalam pak Uu nya juga ada di lokasi, tapi saat dibubarkan dia (Uu,red) tidak keluar-keluar kamar,” cetusnya singkat.

Sementara, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum membenarkan Jumat sekitar pukul 22.00 WIB satgas Covid-19 datang ke Pondok Seni Pangandaran. “Pada saat itu saya sudah tidur,” katanya, Sabtu (30/1/2021).

Menurut UU, bila kemudian upaya bersenandung –mendengarkan musik dari tape, tanpa sound, yang dilakukan warga di areal dalam (kamar) Pondok Seni Pangandaran, dia menyampaikan permohonan maaf. Terlebih itu terjadi saat dirinya tengah beristirahat di tempat tersebut.

Untuk itulah, Wagub Uu memuji langkah sigap yang dilakukan Satgas Covid-19 datang kelokasi.