Iklan
Iklan

Luhut: 1 Orang Lolos dari Karantina Perjalanan Luar Negeri di RS Wisma Atlet

- Advertisement -
Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada satu orang yang lolos dari karantina perjalanan luar negeri di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di saat pemerintah berupaya mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Padahal kebijakan lockdown di Wisma Atlet efektif adalah untuk mencegah penyebaran Omicron. Dengan melakukan karantina di lokasi tersebut, kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan.

“Kemarin ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarganya dan kita harapkan tidak terjadi lagi,” ujar Luhut, Senin (27/12).

Luhut berharap tidak ada dispensasi karantina tanpa alasan yang kuat. Keringanan hanya dapat diberikan apabila seseorang memiliki masalah kesehatan atau alasan lainnya.

Luhut juga meminta masyarakat tidak membandingkan diskresi untuk pejabat dengan rakyat biasa. Menurutnya, diskresi karantina untuk pejabat berlaku lantaran mekanisme bernegara harus tetap berjalan dengan cara yang ketat.

“Jadi jangan dibentrokkan, diadu-adukan antara pejabat pemerintah,” ujar Luhut.

Luhut pun menilai tidak bijaksana bila ada pejabat yang membandingkan diskresi karantina antara pejabat dengan rakyat. Apalagi, diskresi bagi pejabat berlaku tidak hanya di Indonesia namun berlaku secara universal.

Sebelumnya, selebgram Rachel Vennya kabur dari karantina usai melakukan perjalanan dari Amerika Serikat. Ia diduga menyuap pihak ‘Satgas’ untuk memuluskan aksinya.

Selain Rachel Vennya, anggota DPR sekaligus artis Mulan Jameela sempat mendapatkan sorotan karena menjalani karantina di rumah, alih-alih di tempat karantina terpusat. DPR menyebut ‘keistimewaan’ dalam menjalani karantina merupakan kewenangan Badan nasional Penanggulangan Bencana dan Satgas Covid-19.

Koalisi Masyarakat Sipil pun menilai perlu perbaikan sistem karantina. Sebab, pemerintah memudahkan para pejabat dan tokoh politik yang baru pulang dari negara lain dengan menjalani karantina di rumah pribadi.

“Perlakuan tidak adil terjadi bagi kawan-kawan yang baru pulang dari luar negeri,” kata Perwakilan Koalisi Lapor Covid-19 Agus Sarwono dikutip dari Katadata.co.id, Selasa (21/12).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA