Beranda INFO SEHAT 10 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

10 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Daya Tahan Tubuh
Daya tahan tubuh di saat pandemi Covid-19 perlu terus dijaga, agar virus itu tidak leluasa menyerang tubuh Anda. Tanpa sistem kekebalan tubuh (imun) yang baik, Anda akan mudah terserang penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus.

Maka, daya tahan tubuh atau antibodi yang terbentuk dari sistem imun dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme.

Agar sistem daya tahan tubuh tetap berfungsi dengan baik, maka seseorang perlu menjalani pola gaya hidup yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Nah, bagi Anda yang ingin menambah daya tahan tubuh, sejumlah makanan berikut ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah Citrus

Daya Tahan

Citrus merupakan marga untuk buah-buah seperti lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya.

Buah-buahan citrus merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Termasuk vitamin C, serat, folat, dan kalium.

Buah citrus kaya akan Vitamin C. Vitamin ini memiliki banyak manfaat seperti anti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kulit.

Selain itu juga bisa membuat mood kamu jadi lebih baik dan bahkan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Brokoli

Daya Tahan

Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Brokoli dianjurkan untuk rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian kamu.

Brokoli kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat kamu mengonsumsi brokoli. Dengan daya tahan tubuh yang baik, kamu bisa terhindari dari berbagai penyakit.

Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Bawang Putih

Daya Tahan

Tidak hanya untuk menambah rasa masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

BACA JUGA  Bupati Rusma Yul Anwar Kunjungi Pos Penyekatan Perbatasan Pessel-Bengkulu

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Jahe

Daya tahan

Selain terkenal sebagai bumbu, ternyata jahe juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi kamu loh Toppers!

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, disebutkan kalau jahe dapat memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberikan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh.

Jahe juga banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuat jahe menjadi salah satu makanan yang digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh.

Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Bayam

Daya tahan

Sayuran yang sering kita temukan di asia ini banyak mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu.

Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

Yogurt

Daya Tahan

Yoghurt adalah makanan yang tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yogurt memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink.

Kandungan vitamin B12 pada yoghurt juga bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu berfungsi dengan baik dan melindungi dari penyakit jantung.

Kandungan mineral dan gizi di dalam yogurt dapat membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan membantu melawan infeksi dan bakteri meningkatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA  Inilah Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Anda

Kacang Almond

Daya Tahan

Berasal dari Timur Tengah, kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang cukup terkenal di dunia. Kacang almond sendiri bisa disantap langsung sebagai camilan atau diolah menjadi ragam kue, makanan, bahkan susu almond yang lezat.

Tak hanya dikenal karena rasanya yang lezat, kacang almond juga kaya akan khasiat dan manfaat.

Dalam 1 ons kacang almond, di dalamnya terdapat kandungan protein, vitamin E, mangan, magnesium hingga fiber. Kacang ini juga kaya akan vitamin B2 dan fosfor untuk menunjang kesehatan tubuh kamu.

Pepaya

Daya Tahan

Sering ditemui, murah, dan enak, pepaya memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh kita. Pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium.

Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menghindari kamu dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

Kiwi

Daya tahan

Kiwi merupakan salah satu buah yang sering dijadikan jus atau salad buah. Selain rasanya yang manis, kiwi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat mencegah sakit.

Buah kiwi kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, salah satunya flu.

Kuaci

Daya Tahan

Kuaci sering dijadikan cemilan yang bikin nagih. Cemilan sehat ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi yang baik lainnya bagi kesehatan.

BACA JUGA  Nasal Spray Melindungi Saluran Pernapasan di Masa Pandemi

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kamu! Ayo jaga kesehatan kamu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi!

Source: Tokopedia

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSejumlah Atribut FPI Disita Saat Penangkapan Terduga Teroris di Jakarta dan Bekasi
Artikel berikutnyaPaham Radikalisme yang Menyasar Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar Terpapar dari Sosmed