Iklan
Iklan

Inilah 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

- Advertisement -
Tak hanya menghilangkan dahaga, manfaat minum air putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara rutin.

Ada beragam minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan cairan harian. Namun, jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena bebas kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Sementara itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Anda pun dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak jika mengalami beberapa kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas, atau ketika mengalami demam, diare, dan muntah-muntah.

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Minum Air Putih

Air putih sangat dikenal dengan beragam manfaatnya bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi

Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa.

2. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas.

3. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

4. Memelihara kesehatan kulit

Kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit tetap terhidrasi serta menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit.

5. Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air putih, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih.

7. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

8. Menjaga tekanan darah

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika Anda kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah.

Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

9. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain menjaga tekanan darah, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.

10. Meningkatkan Stamina

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.

Tips agar Kebutuhan Cairan Tubuh Tetap Terpenuhi

Minum Air Putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memenuhi kebutuhan cairan setiap hari adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena kekurangan cairan diketahui dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Tubuh yang kekurangan cairan umumnya ditandai dengan rasa sering haus dan urine yang dikeluarkan berwarna lebih gelap dari biasanya. Selain itu, Anda juga bisa merasa pusing, sakit kepala, lemas, serta mulut dan bibir terasa kering.

Nah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi, antara lain:

  • Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas setiap saat, sehingga Anda lebih mudah untuk menjaga asupan air putih harian.
  • Anda pun bisa menambahkan irisan buah ke dalam air putih agar terasa lebih segar.

Air putih memang menyehatkan, tetapi tidak semua air putih dapat dikonsumsi. Ada beberapa ketentuan air minum yang aman dan layak konsumsi menurut Kementerian Kesehatan RI, yaitu:

  • Tidak memiliki rasa
  • Tidak berbau dan berwarna
  • Tidak mengandung bakteri
  • Tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan

Selain itu, pastikan air minum yang Anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM dan telah memenuhi standar kesehatan guna mencegah berbagai penyakit akibat konsumsi air minum yang terkontaminasi.

Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat lainnya dengan berolahraga secara rutin, mencukupi waktu tidur, dan mengendalikan stres.

Bila Anda mengalami pusing, mual, muntah, dan sakit perut setelah mengonsumsi air putih, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan. Selain itu, dokter juga dapat memberi tahu cara agar manfaat minum air putih dapat Anda peroleh secara maksimal.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA