Beranda INFO SEHAT COVID-19 Vaksin Moderna Dinilai 94,1 Persen Efektif Mencegah Covid-19 Bergejala

Vaksin Moderna Dinilai 94,1 Persen Efektif Mencegah Covid-19 Bergejala

Vaksin Moderna
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim memberi selamat kepada Indonesia setelah 3 juta dosis vaksin Moderna dari AS tiba di Tanah Air.

Dia mengatakan, bahwa Pemerintah AS akan memberikan 1 juta dosis vaksin tambahan kepada RI.  Maka, AS berencana memberikan 4 juta dosis vaksin kepada pemerintah.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), sebuah inisiatif global untuk mendukung akses adil ke vaksin-vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.

Seberapa efektif vaksin Moderna untuk mengatasi Covid-19? Dokter Adam Prabata di akun Instagram @adamprabata yang dipantau Senin (12/7/2021) menuliskan, bahwa penelitian terbaru menyatakan bahwa vaksin Moderna efektif terhadap varian Delta, bahkan meskipun baru mendapatkan satu dosis.

Dia menjelaskan bahwa, secara umum efikasi vaksin Moderna 94,1 persen untuk mencegah Covid-19 bergejala.

Efikasi adalah kemampuan suatu vaksin untuk menunda risiko penyakit pada kondisi optimal (uji klinis). Kemudian, efektivitas 72 persen untuk mencegah Covid-19 bergejala. Dan, 96 persen efektif untuk mencegah pasien Covid-19 dirawat inap di rumah sakit.

Adam menambahkan, bahwa setelah 14 hari suntikan pertama, efektivitas vaksin ini sudah muncul untuk menurunkan risiko Covid-19 bergejala dan rawat inap.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDokter Lois Owien Dilaporkan ke Polisi
Artikel berikutnya3.000.060 Dosis Vaksin COVID-19 Moderna Tiba Pertama Kalinya di Indonesia